87 Rabu, 08 Januari 2014 | 15:41:42

Provokatif... Ada 150 CCTV Palsu Dipasang di Dinding Rumah Ini!

Provokatif... Ada 150 CCTV Palsu Dipasang di Dinding Rumah Ini!

Seniman jalanan asal Madrid, Spy, telah memasang 150 kamera keamanan CCTV palsu pada fasad bangunan di kota itu. Ia berusaha "merampas" elemen perkotaan melalui replikasi kamera tersebut sebagai eksterior. Spy atau dikenal dengan 'Spanyol Banksy' mengaku hal ini merupakan intervensi terbarunya berdasarkan pengamatannya pada perkotaan. Dia mengatakan telah mengkontekstualisasikan perangkat tersebut sebagai bagian dari eksterior bangunan, tepatnya di salah satu bagian dinding bangunan yang menghadap kota.

Spy telah mengatur kamera dalam pola teratur pada dinding yang menghadap langsung ke jalan yang tenang di Madrid. Dia mengaku, instalasi ini dimaksudkan untuk memprovokasi orang yang lewat dalam merefleksikan interaksi sehari-hari mereka dengan teknologi pengawasan, dan orang-orang di sekitarnya. Respon masyarakat terhadap ulahnya pun menilai bahwa hal itu hanya sekadar tampilan saja.

Dalam situsnya Spy mengaku, karyanya ini melibatkan elemen perkotaan melalui transformasi atau replikasi kamera sebagai tanggapan atas realitas kaum urban. Tujuannya, menurut Spy, untuk menciptakan karya seni sebagai bagian yang sama dengan ironi.

"Dan humor positif yang bikin tersenyum, menghasut refleksi dan mendukung hati nurani yang tercerahkan," ujarnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita