100 Sabtu, 28 Desember 2013 | 11:08:59

Suram, Bisnis Jasa Arsitektur AS!

Suram, Bisnis Jasa Arsitektur AS!

Bisnis jasa desain di Amerika Serikat memperlihatkan kecenderungan terus menurun. Terbukti dari indeks tagihan arsitektur pada bulan November lalu yang hanya mencapai 49,8. Sementara bulan sebelumnya masih bertengger di angka 51,6. Padahal, selama enam bulan berturut-turut terjadi peningkatan permintaan. Contohnya, bulan September saja, indeks masih berada pada level 54,3, sekaligus merupakan pencapaian kedua tertinggi tahun ini.

Indeks tagihan arsitektur ini merupakan indikator utama pembangunan masa depan di Negeri Paman Sam ini. Menurut American Institute of Architecture, bulan November memang cenderung sedikit yang menggunakan jasa arsitek.

Kepala Ekonom AIA, Kermit Baker, mengatakan perusahaan arsitektur melaporkan pandangan kondisi bisnis di seluruh Amerika Serikat dengan sangat beragam. Penurunan ini mungkin hanya sementara.

"Tapi ada kegelisahan yang terus berlanjut terjadi di pasar, untuk menentukan arah masa depan bisnis ini dari permintaan bangunan komersial, industri, dan kelembagaan," tutur Kermit.

Kemerosotan terjadi juga pada indeks proyek-proyek baru. Jika pada bulan Oktober mencapai 61,5, bulan November hanya 57,8.

Secara regional, indeks tertinggi diraih kawasan Selatan dengan poin rerata 52,0. Disusul Barat Tengah (51,6), Barat  (50,2) dan Timur Laut (47,5).

Sementara secara sektoral, nilai indeks tertinggi adalah untuk perumahan multifamily (55,2), diikuti proyek campuran (53,1), komersial/industri (48,6) dan kelembangaan (47,7).

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita