196 Jum'at, 27 Desember 2013 | 11:38:27

Didominasi Kayu, Supermarket Tampil Cantik Alami!

Didominasi Kayu, Supermarket Tampil Cantik Alami!

Supermarket asal Belanda, Spar, di Budapest ini memiliki interior yang disusun dari rangkaian bentuk kayu bergelombang. Arsitek lokal LAB5 yang merancang pusat belanja ini benar-benar memanfaatkan nuansa alami kayu mulai depan hingga ke bagian belakang toko.

"Ada rute pendek untuk belanja sehari-hari agar urusan belanja menjadi cepat, ada juga rute yang panjang untuk pembeli di akhir pekan," ujar Andras Dobos, arsitek LAB5.

Rak-rak di dalam toko ini dibuat menjorok ke dalam di antara tulang rusuk kayu berbentuk melengkung dan membentang dari dinding hingga langit-langit ruangan. Sementara tulang-tulang kayu dibuat "bergabung" sebagai gerai khusus botol anggur.

"Kayu membantu menciptakan suasana lebih nyaman," kata Dobos.

Adapun counter lengkung di salah satu bagian toko ini dibuat vertikal dengan panjang yang sama di gerai roti supermarket ini. Dindingnya juga dicat coklat, sesuai dengan nuansa alami dari material kayu. Sementara khusus buah-buahan dan sayuran ditampilkan dalam counter bulat terbuat dari Corian, yaitu material berpermukaan padat namun sangat halus.

Di bagian lain toko, Dobos menghadirkan balok putih yang dibentuk zig-zag antara bagian bergaris di langit-langit. Untuk pencahayaan, Dobos menghadirkan lampu sorot dan lampu tabung yang terpasang di antara tulang rusuk di langit-langit.

Memang, agak berbeda dari supermarket biasanya yang "ramah" dengan petunjuk belanja. Untuk itu, agar tidak menyulitkan konsumen, Dobos memasang balok putih melengkung untuk memandu pembelanja melalui lorong-lorong toko ini.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita