150 Selasa, 24 Desember 2013 | 10:18:31

Catat, Tujuh Peristiwa Penting Pencakar Langit Dunia!

Catat, Tujuh Peristiwa Penting Pencakar Langit Dunia!

Sepanjang 2013, dunia konstruksi khususnya konstruksi gedung tinggi dan pencakar langit mengalami masa suka dan duka. Ada momentum pencapaian dan prestasi, ada pula momentum kejatuhan. Namun, dari sekian banyak peristiwa yang terjadi pada tahun ular air ini, Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), hanya mencatat 12 peristiwa penting yang berpengaruh.Berikut 7 dari 12 peristiwa paling menggemparkan tersebut:

Kebakaran Oko Tower di Moskow, Rusia
Pencakar langit yang belum rampung terbangun ini mengalami kebakaran hebat pada lantai 22 dan 23. Menurut media setempat, percikan api berawal dari pemanas kipas angin yang digunakan untuk menghangatkan beton cair.

Kebakaran seperti ini terjadi dua kali, kurang dari satu tahun di Moskow. Terakhir, si jago merah merusak gedung tinggi lainnya, yakni Federation Tower.

Akibat kebakaran ini, penyelesaian pembangunan menjadi tertunda untuk waktu yang cukup lama. Pasalnya, konstruksi gedung ini baru mencapai lantai 25 dari total 91 lantai setinggi 335 meter.

Jika Oko Tower rampung, maka ia akan menjadi pencakar langit paling jangkung yang pernah dibangun di Rusia.

The Shard, Gedung Tertinggi di Eropa
London, Inggris, secara resmi memberikan kontribusi terhadap cakrawala Eropa. Kota ini memiliki Shard, yang kelar pembangunannya pada 1 Februari tahun 2013. Perancang Italia sekaligus pemenang Pritzker Prize, Renzo Piano, mendesain gedung yang menjadi ikon ibukota Inggris tersebut.

Meskipun ketinggiannya bakal dikalahkan oleh Oko Tower, namun Shard masih akan lama bertahta sebagai tertinggi di Eropa. Ketinggiannya mencapai 306 meter, dan berisi 72 lantai. Terdiri atas fungsi apartemen, hotel dan perkantoran.

Skandal Konstruksi di Shenzhen
Peristiwa ini diklaim sebagai skandal konstruksi. Pasalnya, pembangunan megatall (pencakar langit dengan ketinggian di atas 500 meter) Ping An Finance Center telah dihentikan, akibat  laporan bahwa beton yang digunakan oleh pengembang terbuat dari pasir laut berkualitas rendah.

CTBUH mengutip laporan The South China Morning Post menyebutkan bahwa pemerintah Shenzhen sedang melakukan investigasi lebih lanjut terhadap industri beton lokal. Mereka telah menemukan 15 dari 92 beton yang ditanam, menggunakan pasir laut berkualitas rendah sebagai bahan campuran material utama.

Pasir laut tersebut mengandung garam dan dapat menyebabkan batang baja mengalami korosi sehingga bangunan yang menggunakan pasir laut ini berisiko runtuh. Termasuk Ping An Finance Center.

Biasanya, sebelum pasir laut dicampurkan bersama material lainnya, dicuci dahulu dengan air tawar. Kendati lebih mahal, namun aman digunakan.

Pemerintah menemukan 31 perusahaan yang melanggar kode etik dan delapan perusahaan lainnya diperintahkan untuk menghentikan bisnis mereka selama setahun.

Kingdom Tower Mencakar Langit Jeddah
Kingdom Tower, proyek ambisius yang digagas Pangeran Alwaleed Bin Talal, mulai dipublikasikan secara resmi. Bangunan superjangkung berukuran 1 kilometer ini diklaim sebagai masa depan Arab Saudi.

Tak main-main, guna merealisasikan Kingdom Tower, Kingdom Economic Company, membentuk anak usaha Jeddah Economic Company dan mengembangkan proyek senilai 1,3 miliar dollar AS (Rp 15,8 triliun) ini.

Kingdom Tower akan merangkum sejumlah fungsi properti seperti hotel, apartemen, pusat belanja dan perkantoran. Four Seasons telah ditunjuk sebagai pengelola hotel mewah ini.

Sky City, Pencakar Langit Pertama Bermodul Prefabrikasi
China bisa segalanya, termasuk membangun pencakar langit tertinggi dan pertama di dunia yang menggunakan modular prefabrikasi. Meski semua perizinan dan prosedur telah dipenuhi, namun, laporan media setempat menyebutkan bahwa koefisien luas bangunan Sky City, gagal disetujui pemerintah lokal.

Ketinggian bangunan yang dikembangkan di Changsa, China, ini mencapai 838 meter dengan luas 1 kilometer persegi. Jika dibangun tahun ini (semester kedua 2013) maka proyeksi penyelesaian pada April 2014 mendatang.

Mengapa bisa begitu kilat? Chairman Broad Group, Zhang Yue, pengembangnya, meyakinkan bahwa modular prefabrikasi yang digunakannya akan sangat menghemat waktu dan biaya konstruksi. Dalam hitungan mereka, proyek ini hanya menelan 846 juta dollar AS (Rp 10,2 triliun).

Sky City akan berdiri lebih tinggi 10 meter ketimbang Burj Khalifa, Dubai, dan akan berisi hotel 1.000 kamar, apartemen, perkantoran dan ruang ritel.

Shanghai Tower Masuki Tahap Akhir
Menara tertinggi di China, Shanghai Tower, yang berada di distrik keuangan Jujiazui, Shanghai, telah memasuki tahap akhir pembangunan, pada 2 Agustus lalu. Proyek senilai 2,4 miliar dollar AS (Rp 29,2 triliun) ini dirancang oleh Gensler dan memiliki elevator tercepat di dunia. Gedung setinggi 632 meter ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 menit.

Shanghai Tower diklaim merupakan cara baru untuk mendefinikasikan dan menciptakan sebuah kota. Dengan menggabungkan praktek-praktek terbaik dalam desain berkelanjutan dan kinerja tinggi Shanghai Tower dapat meningkatkan peran dalam kehidupan kontemporer generasi berikutnya.

Bangunan ini secara resmi akan dibuka tahun 2014. Bila saat itu tiba, maka ia akan menjadi bangunan tertinggi di China, sebelum Ping An Finance Center dan Sky City rampung pembangunannya.

Walkie Talkie Melelehkan Sebuah Jaguar
Peristiwa unik satu ini tentu saja menghebohkan. Pasalnya, Walkie Talkie, gedung yang dirancang Rafael Viñoly, memantulkan cahaya cukup kuat untuk melumerkan sebuah mobil jaguar yang parkir tepat di dekatnya, di 20 Frenchurch, Inggris.

Gedung setinggi 37 lantai dan belum selesai pembangunannya tersebut dilaporkan telah menyebabkan jaguar mengalami kerusakan pada bagian badan, kaca spion dan lapisan luar.

Pengembang Walkie Talkie, Land Securities, telah menerima klaim pemilik kendaraan dan bersedia membayar ganti rugi.

Sebagai tindakan pencegahan, pemerintah kota London telah sepakat untuk menutup tiga tempat parkir di sekitar Walkie Talkie guna pengusutan lebih lanjut.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita