83 Senin, 23 Desember 2013 | 10:58:11

Rumah Subsidi... Kado Natal untuk Penulis Berkantong Tipis!

Rumah Subsidi... Kado Natal untuk Penulis Berkantong Tipis!

Write A House merupakan sebuah organisasi nirlaba yang tercatat di Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat. Organisasi ini unik. Pasalnya, mereka khusus menyediakan hunian bagi para penulis berpenghasilan rendah yang dananya dikumpulkan dari donasi masyarakat. Write A House merupakan hasil inisiasi Editorial Director dari situs real estat Curbed Sarah Cox. Cox secara khusus pindah ke Detroit dari New York tiga tahun lalu untuk mulai berkontribusi dalam blog yang khusus membahas Detroit bagi situs Curbed. Di Detroit, Cox menemukan bahwa kota tersebut penuh dengan hal-hal unik, historis, dan menarik. Menurutnya, akan banyak penulis tertarik bekerja di kota ini.

"Selama tiga tahun, saya telah melihat kemajuan yang luar biasa, namun masih ada begitu banyak ruang dalam seni literatur. Ini adalah kota yang di dalamnya terdapat banyak hal unik, historis, dan menarik. Kami pikir, ada penulis-penulis yang ingin datang dan menjadi bagian darinya," ujar Cox, seperti dikutip dalam Huffington Post.

Write A House membeli tiga rumah yang butuh perbaikan di utara Hamtramck. Hamtramck merupakan sebuah daerah yang sangat beragam dan dikelilingi oleh kota Detroit. Kini, organisasi tersebut tengah mengumpulkan dana sebesar 25.000 Dolar AS (sekitar Rp303.222.500). Mereka mengumpulkannya lewat situs Indiegogo untuk memperbaiki Peach House, sebuah rumah yang akan diperuntukkan bagi penulis asal Detroit.

Young Detroit Builders, tenaga-tenaga muda yang akan mendidik anak muda Detroit untuk membangun rumah, akan membantu proses renovasi Peach House tersebut. Menurut Direktur Write A House Kat Hartman, lingkungan tempat Peach House berada dipilih karena merupakan komunitas kecil. Dengan berkarya di komunitas kecil, efeknya akan besar. Lagipula, komunitas tersebut ternyata memiliki banyak rumah kosong. Memberikan tetangga, terutama tetangga yang baik, akan memberikan efek luar biasa.

Write A House akan menerima "lamaran" dari para penulis berpenghasilan rendah di musim semi mendatang. Mereka akan diminta menulis sesuatu yang menggambarkan kemampuan mereka, serta surat lamaran. Penjuriannya akan melibatkan National Poet Laureate Billy Collins, penyair Major Jackson, penulis dan pembuat film Dream Hampton, serta editor penerbit Farrar, Straus & Giroux Sean McDonald. Penulis dari berbagai belahan dunia, atau yang tinggal di Detroit boleh mengirimkan lamaran ke Write A House.

Imbalannya menggiurkan. Jika menang, mereka akan tinggal di rumah Detroit setidaknya selama dua tahun. Sang penulis berhak tinggal di rumah tersebut dengan biaya sewa sangat minim, yaitu hanya untuk membayar pajak dan asuransi.

Lantas, apa yang terjadi selepas 24 bulan? Menurut Huffington Post, sang penulis akan diberikan akta rumah tersebut.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita