65 Jum'at, 20 Desember 2013 | 10:42:22

Gara-gara Jamur di Rusun Bersubsidi, Pemerintah Bisa Dituntut

Gara-gara Jamur di Rusun Bersubsidi, Pemerintah Bisa Dituntut

Tinggal di dalam hunian yang khusus disediakan pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah bukan berarti harus melepaskan hak-hak sebagai manusia dan penduduk. Rosanna de la Cuada, penghuni rusun di Brooklyn, New York, Amerika Serikat,  ini misalnya, membuktikan bahwa meski tinggal dalam rusun program bantuan pemerintah, hukum memastikan dirinya tetap dapat hidup layak.

The New York City Housing Authority (NYCHA) menandatangani perjanjian yang menyetujui pengawasan yudisial atas usaha penghilangan jamur dari ratusan rusun di kota tersebut. Perjanjian semacam ini merupakan yang pertama kalinya terjadi.

Rosanna de la Cuada (39) dan anak perempuannya, Amanda (7), menderita asma karena tinggal di dalam apartemen atau rusun Van Dyke House di Brooklyn. Apartemen yang ditinggalinya ternyata penuh dengan spora dari jamur.

"Sepanjang waktu, saya dan keluarga saya sudah mengalami beberapa kali kebocoran yang kami laporkan ke NYCHA," kata De la Cuada kepada NYdailynews.

"Mereka mengecatnya, namun jamur kembali lagi," tambahnya.

Berdasarkan pengakuan De la Cuada, pemerintah New York, dalam hal ini NYCHA, sebenarnya sudah merespon keluhan yang dia ajukan. Sayangnya, respon yang dilakukan tidak menyelesaikan masalah. Sementara persetujuan yang ditandatangani NYCHA berisi kesanggupan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam 15 hari di bawah pengawasan Pengadilan Federal.

Ternyata, Metro Industrial Areas Foundation-lah yang menuntut kesanggupan NYCHA lewat jalur hukum. Metro Industrial Areas Foundation merupakan kelompok swadaya masyarakat. Tuntutan juga diajukan oleh Natural Resources Defense Council yang menuduh NYCHA melanggar Americans with Disabilities Act selama bertahun-tahun dengan tidak menyelesaikan masalah jamur pada apartemen milik penderita asma.

Hakim Distrik AS Wiliam Pauley yang menerima kasus ini akan memonitor kinerja NYCHA dalam tiga tahun mendatang. NYCHA akan diwajibkan menyerahkan laporan mendetil pada Hakim mengenai kinerja mereka. Pauley akan memberikan persetujuan pada perjanjian tersebut. Para pengacara penduduk mengharapkan perjanjian akan mulai dilaksanakan awal tahun depan.

Jurubicara NYCHA Sheila Stainback mengungkapkan bahwa persetujuan ini akan berujung pada peningkatan protokol yang akan menguntungkan para penghuni. Namun Stainback menolak menjelaskan cara NYCHA mencapai hal tersebut.

New York Housing Authority (NYCHA) setuju membersihkan dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan jamur di apartemen Brooklyn dalam 15 hari. Hakim Distrik AS William Pauley akan memantau kesanggupan NYCHA tersebut dalam tiga tahun.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita