209 Jum'at, 20 Desember 2013 | 10:22:02

Gereja-Gereja Spektakuler di Dunia

Gereja-Gereja Spektakuler di Dunia

Di dunia ini, banyak sekali bangunan gereja yang berdiri. Entah itu yang sudah ada sejak beberapa ratus tahun lalu atau yang gereja yang masih dalam konstruksi. Dilansir keterangan tertulis emporis, Kamis (19/12/2013), berikut beberapa bangunan gereja yang dianggap spektakuler.

1. Catedral Metropolitana Nossa Senhora Aparecida
Dibangun oleh arsitek kenamaan Oscar Niemeyer, bangunan gereja ini direncanakan dan dibangun yang menjadi bagian dari konstruksi Ibu Kota Brasil, Brasilia. Dibuat dengan material kaca, bangunan ini memiliki 16 pilar.

2. Cathédrale de la Résurrection
Arsitek gereja ini adalah Mario Botta Architetto. Dengan bentuk bangunan yang unik dengan material batu bata, di bagian atapnya terdapat 24 pohon yang merupakan simbol kehidupan. Pada 1990, bangunan ini merupakan gereja pertama yang dibangun di Prancis setelah lebih dari 100 tahun.

3. Chapel of the Holy Cross
Kapel ini dibangun di atas bebatuan di Sedona, Amerika. Tak heran, nama lain kapel ini adalah "Beverly Hills on the Rocks". Pada 2007, kapel yang didesain oleh Anshen + Allen ini masuk dalam jajaran salah satu gereja dari tujuh gereja yang masuk penghargaan "Manmade Wonders".

4. Hallgrímskirkja
Gereja setinggi 73 meter ini didesain oleh Guojon Samuelsson. Berlokasi di Reykjavik, tak heran gereja ini menjadi yang tertinggi di wilayah tersebut. Bentuknya memang unik karena terinspirasi dari landskap Islandia. Yaitu bentuk yang melambangkan salju dan gletser.

5. Iglesia Parroquial en Rivas Vaciamadrid
Terdiri dari dua bangunan, gereja ini didesain oleh Vicens + Ramos. Satu bangunan sebagai perkantoran dalam gereja, satu lagi merupakan kapel. Gereja ini dibalut baja, yang membuatnya berwarna karat dan terlihat kokoh.

6. Jubilee Church
Memiliki nama lain Dio Padre Misericordioso dibangun saat keuskupan Roma, yang tujuannya adalah menciptakan gereja berkualitas tinggi. Gereja ini didesain oleh Richard Meier dan Partners Architects LLP.

7. Leaf Chapel
Arsitek gereja ini adalah Klein Dytham architecture, gereja ini terletak di Hotel Hokuto, Jepang. Bangunan gereja terdiri dari dua cekungan seperti kerang berbentuk daun. Salah satunya adalah terbuat dari kaca dan membentuk semacam pergola sementara yang lain kerang putih, berlubang dengan 4.700 lubang dan mengingatkan pada kerudung pengantin.

8. Neue Synagoge Mainz
Arsitek gereja ini adalah Manuel Herz Architects. Dibangun pada 2008, gereja ini rampung pada 2010.

9. Temppeliaukio Church
Didesain oleh Timo & Tuomo Suomalainen, material dasar gereja ini adalah batu, tepatnya batu granit. Tak hanya sebagai tempat untuk umat berdoa, gereja ini juga bisa digunakan sebagai tempat menyelenggarakan pertunjukan tertentu. Setiap tahunnya, tercatat 500 ribu pengunjung datang ke gereja ini.

10. United States Air Force Cadet Academy Chapel
SOM, merupakan arsitek dibalik bangunan gereja ini. Kapel ini terkenal karena bentuknya yang seperti cemara. Struktur bangunan dibentuk oleh serangkaian 17 menara masing-masing terdiri dari 100 penyangga. Bangunan itu memiliki sebuah kapel yang terpisah masing-masing untuk Protestan, Katolik, Yahudi dan penyembah Buddha, dan dua kamar di mana semua agama dapat mengadakan ibadah. (nia)

Sumber : Okezone


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita