75 Selasa, 17 Desember 2013 | 12:44:45

Hotel-hotel Ini Dulunya Penjara

Hotel-hotel Ini Dulunya Penjara

Penjara kerap disebut hotel prodeo. Nah, hotel-hotel berikut seakan merefleksikan julukan tersebut. Ya, hotel-hotel ini menempati bangunan yang dulunya berfungsi sebagai penjara. Penjara yang terkesan menyeramkan pun berubah menjadi hotel-hotel nan cantik. Jangan salah, beberapa berubah menjadi hotel mewah berbintang. Berikut beberapa bangunan yang berubah fungsi dari penjara menjadi hotel :

Hotel Katajanokka, Helsinki, Finlandia
Hotel ini dibuka tahun 2007 dan dikelola oleh jaringan hotel internasional Best Western. Di beberapa sisi bangunan masih menampilkan kondisi asli sebelum bangunan tersebut menjadi hotel.

Ya, awalnya bangunan tersebut merupakan penjara kota Helsinki. Dinding bata merah salah satu yang dibiarkan keutuhannya. Hotel ini terdiri dari 106 kamar. Untuk satu kamar hotel, tadinya merupakan dua sampai tiga sel penjara.

Four Seasons Hotel Istanbul, Sultanahmet, Turki
Hotel ini dibuka tahun 1996 dan dikelola oleh jaringan hotel internasional Four Seasons. Awalnya, bangunan yang berdiri di tahun 1918 tersebut adalah sebuah penjara.

Hotel yang terdiri dari 65 kamar tersebut masih menampilkan keaslian bangunan penjara. Seperti pintu kayu penjara yang dipertahankan oleh pihak hotel. Pun menara pengawas masih bisa ditemukan.

Liberty Hotel, Boston, Amerika Serikat
Hotel ini menempati bangunan yang dulunya adalah sebuah penjara bernama Charles Street Jail yang berfungsi dari tahun 1851 sampai 1990. Penjara tersebut terkenal karena reputasi buruknya sebagai penjara yang tak terawat.

Kini, Liberty Hotel menuai ketenaran karena merubah bangunan menjadi sebuah hotel yang mewah namun tetap mempertahankan keaslian bangunan.

Pihak hotel bahkan menyediakan tur sejarah mengenai bangunan tersebut pada tamu yang berminat. Hotel ini dikelola oleh jaringan hotel internasional Starwood Hotels.

Jailhotel Lucerne, Lucerne, Swiss
Bangunan tersebut berdiri tahun 1862 dan berfungsi sebagai penjara hingga tahun 1998. Barulah kemudian berubah fungsi menjadi hotel.

Uniknya, pihak hotel sengaja membiarkan kesan penjara. Sesuai namanya “Jailhotel” atau “hotel penjara”, konsep hotel pun dibuat nuansa penjara. Ada beberapa tipe kamar di hotel.

Coba menginap di kamar Director’s Suite yang dulunya merupakan kantor sipir penjara. Lalu kamar Library Suite yang sebelumnya adalah perpustakaan penjara. Tamu yang menginap di kamar ini pun dikelilingi oleh buku layaknya perpustakaan.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita