142 Jum'at, 13 Desember 2013 | 11:00:38

Menyimak Detail Kantor Dropbox yang Fungsional

Menyimak Detail Kantor Dropbox yang Fungsional

Facebook, Twitter, Evernote, Google, dan perusahaan-perusahaan teknologi lain kini tampak berlomba-lomba menyediakan kantor yang canggih dan penuh gaya. Kantor Dropbox di San Francisco juga tak mau ketinggalan. Hanya saja, ada hal menarik di kantor tersebut. Kantor seluas lebih dari 6.500 m2 di China Basin, San Francisco, Amerika Serikat, ini dibuat oleh Boor Bridges Architecture dan Geremia Interior Design.

Seperti dikutip Designboom, kedua perusahaan tersebut berusaha mewujudkan visi perusahaan dengan membentuk area kerja yang mampu menghimpun energi para karyawannya dan mendukung kolaborasi di antara karyawan. Hal ini sebenarnya tantangan. Pasalnya, bentuk kantor ini memanjang "terpusat" dan cukup sulit dilakukan.

Boor Bridges memberikan pernyataan resminya mengenai hasil desain mereka. Dalam Designboom, mereka mengatakan, desain tersebut menegaskan kembali kepercayaan mereka.

"Bahwa semua ruang, terutama kantor yang sering ditinggalkan, berhak (menggunakan) material sungguhan dan intervensi atentif, dan patut," kata mereka.

"Jika kubikel adalah daerah suburban, maka pendekatan kami untuk kantor pusat Dropbox adalah pusat kota," tambahnya.

Perusahaan arsitektur ini bisa memberikan nama, label, atau mempercantik deskripsi mereka atas hasil kerjanya. Namun, dari foto-foto yang dipublikasikan, sebenarnya mereka tidak perlu melakukan hal tersebut. Mereka sudah melakukan tugas mereka dengan baik, dalam cara sederhana.

Sekilas, siapa pun bisa dengan mudah melihat bahwa Dropbox memiliki kantor yang terang, fungsional, luas, dan menyenangkan. Pilihan warnanya cukup netral, lantai coklat, dinding keabu-abuan dan putih, dengan beberapa "ledakan" warna di beberapa sudut.

Ruangannya pun terasa terbuka dengan jendela-jendela besar, plafon ekspos, dan tersedia pula ruang-ruang rapat tertutup untuk keperluan khusus. Para karyawan bisa bekerja sendiri, berdua, atau bersama-sama dalam satu unit. Kebutuhan utama, sebagai ruang bekerja, terpenuhi.

Pembagian ruangannya efektif. Namun, tidak hanya itu. Dekorasinya pun berfungsi dengan baik.

Contoh mudahnya, salah satu dinding di ruang rapat tampak ditutup dengan cat hitam. Dinding tersebut bisa digunakan sebagai papan tulis. Di ruang rapat, semua orang butuh saling bertukar pendapat dan menyampaikan konsep masing-masing, bukan? Itulah kantor Dropbox, tampil dengan detailnya yang istimewa.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita