62 Selasa, 10 Desember 2013 | 10:15:25

Pangkas Jarak 6.000 Km, China Bangun Pelabuhan di Eropa

Pangkas Jarak 6.000 Km, China Bangun Pelabuhan di Eropa

Miliarder China, Wang Jing berencana membangun imperium bisnis di Eropa. Guna merealisasikan impiannya itu, ia menginvestasikan 10 miliar dollar AS (Rp 116,8 triliun) di pelabuhan laut, Ukraina. Wang diketahui bermitra dengan Ukraina Kievgidroinvest LLC untuk mengembangkan zona ekonomi khusus di negara semenanjung tersebut. Pembangunan diawali pada akhir 2014 mendatang dengan konstruksi dan renovasi pelabuhan laut Sevastopol senilai 3 miliar dollar AS (Rp 35 triliun).

Pendanaan untuk tahap pertama telah dijamin seluruhnya melalui modal Wang sendiri, pinjaman bank dan investasi dari mitra strategis.

Sedangkan rencana tahap kedua meliputi bandara, terminal gas alam cair dan galangan kapal berbuaya 7 miliar dollar AS (Rp 81,7 triliun).

Wang menandatangani perjanjian dengan pemilik Kievgidroinvest LLC, Aleksey Mazyuk. Mereka yakin, bahwa proyek pelabuhan ini akan menciptakan rute pengiriman baru dari China ke Eropa, demikian sebaliknya, sehingga dapat memperpendek jarak transportasi sepanjang 6.000 kilometer dan menjadi katalisator perdagangan di kawasan China dan negara-negara Eurasia.

Wang menjadi buah bibir dunia tatkala Wang berencana membangun calon serius penantang Terusan Panama yakni kanal di Amerika Tengah-Nikaragua senilai 40 miliar dollar AS (Rp 467,2 triliun). Kendati mendapat kritik tajam atas rencana, sumber pendanaan, kelayakan dan dampak lingkungan, Wang maju terus.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita