67 Senin, 09 Desember 2013 | 08:13:15

Miliarder China Rogoh Rp119 Triliun Bangun Pelabuhan di Ukraina

Miliarder China Rogoh Rp119 Triliun Bangun Pelabuhan di Ukraina

Miliarder asal China, Wang Jing menginvestasikan uangnya sebesar USD10 miliar atau sekitar Rp119 triliun (kurs 11.953 per USD) untuk pembangunan pelabuhan laut di Ukraina. Dilansir dari worldpropertychannel, Wang akan melakukan kerjasama dengan Ukraina Kievgidroinvest LLC untuk pengembangan ekonomi di semenanjung Krimea. Untuk tahap awal, sebanyak USD3 miliar atau sekitar Rp35 triliun diinvestasikan untuk renovasi pelabuhan laut di Sevastopol.

Pendanaan pada tahap pertama berasal dari kas pribadi Waan, pinjaman bank dan investasi dari beberapa mitra. Konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada akhir 2014.

Rencana tahap kedua yaitu meliputi pembangunan bandara, terminal gas alam cair dan penggalangan kapal. Berdasarkan keterangan perusahaan, untuk tahap konstruksi pada tahap kedua akan menghabiskan dana sekitar USD7 miliar atau sekitar Rp83 triliun.

Sebelumnya, Wang dikenal memang telah ahli memegang megaproyek konstruksi di dunia. Dia pernah mengumumkan akan menginvestasikan uangnya sekitar USD40 miliar atau sekitar Rp478 triliun untuk membangun kanal di Nikaragua, Amerika Tengah.

Kanal ini dibangun untuk menyaingi Terusan Panama. Dia sempat mendapat kritik dari masyarakat mengenai rencana sumber pendanaan, kelayakan dan dampak lingkungan jika kanal ini selesai.

Sebagai miliarder, portofolio bisnis Wang yang paling terkenal adalah dia merupakan ketua penyedia teknologi ponsel yang berbasis di Beijing yang bernama Xinwei Telecom Enterprise Group. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita