129 Kamis, 05 Desember 2013 | 17:57:15

Ihh! Lucunya Taman Kanak-kanak Di Perancis Ini

Ihh! Lucunya Taman Kanak-kanak Di Perancis Ini

Masa TK merupakan masa kanak-kanak awal. Pada masa ini anak dapat menunjukkan sikap mulai lepas dari ikatan orang tua, anak dapat bergerak bebas dan berinteraksi dengan lingkungannya. Pada masa usia dini ini, anak-anak juga mengalami masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan.

Di masa ini terjadi juga kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral.

Nah, hal itu bisa didapatkan salah satu di taman kanak-kanak, taman kanak-kanak kini tak lagi bersifat konvensional atau tradisional bentuknya, diciptakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak itu sendiri, berikut ada dua taman kanak-kanak yang tidak biasa di Perancis

Taman Kanak-kanak Boulet-Moselle
TK ini dirancang oleh Paul le quernec Architectes, dibangun di Bule-Moselle, sebuah kota kecil di bagian selatan-timur Perancis. Para arsitek telah memfokuskan perhatian mereka pada keselamatan dan keamanan anak-anak, menggunakan bentuk bangunan melengkung yang hampir benar-benar dihilangkan sudut yang tajam di dalam gedung.  Bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang terbuka dan ramah, diputuskan untuk meninggalkan koridor tradisional.

Struktur kompleks bangunan sebenarnya dibangun dari batu bata, berdasarkan metode tradisional, dan kemudian dicat putih dengan pola cerah ceria. Atap melengkung yang mengalir  ke Taman Bermain, melindungi anak dari efek berbahaya dari matahari dan menciptakan ruang rekreasi yang dapat digunakan sepanjang tahun. Untuk keamanan maksimal dari si anak, diterapkan lalu lintas satu arah untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan.

TK Jerapah Boulogne-Billancourt
Taman kanak-kanak jerapah ini dirancang oleh arsitek Perancis, Hondelatte Laporte yang dibuka di pinggiran Paris Boulogne-Billancourt. Hal yang unik di taman kanak-kanak ini adalah adanya Jerapah kuning besar dengan kepalanya yang melalui sebuah bangunan 3 lantai pusat. Dari jalan Anda dapat melihat hanya kaki dan leher yang panjang dengan kepala, dengan  tubuh yang benar-benar tersembunyi di dalam gedung.

Selain adanya jerapah raksasa, di taman kanak-kanak juga terdapat sebuah patung beruang kutub raksasa. Hal ini dirancang hanya untuk sekitar 80 anak-anak. Bangunan ini desain untuk menjadi sederhana dan nyaman untuk anak-anak. Masing-masing dari tiga tingkat bangunan memiliki taman bermain. Pusat anak dibangun di tepi sungai dengan arsitek terkenal, Jean Nouvel.

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita