138 Kamis, 05 Desember 2013 | 17:07:30

Kantor Cantik di Bekas Garasi Bawah Tanah

Kantor Cantik di Bekas Garasi Bawah Tanah

Desainer asal Italia, Carlo Baglian, berhasil mengubah wajah lingkungan perumahan di Genova, Italia, dengan konsep uniknya. Salah satu contohnya ia mendesain ulang garasi parkir bawah tanah sebagai kantor arsitektur. Bekerja sama dengan Stefano Mattioni dan Pamela Sassisa, Bagliani benar-benar mengulang struktur asli yang dirancang oleh studio arsitektur Sp10 pada bangunan ini. Sebagai ruang kerja, ia memanfaatkan material-material ramping dan berwarna gelap. Hal ini cukup sukses mengubah tampilan kerangka bangunan di bawah tanah itu.

Dilihat dari luar, panel kaca panjang yang ia gunakan memungkinkan orang bisa mengintip interior di dalam kantor  ini. Bagliani menyandingkan panel kaca ini dengan dinding dan langit-langit berwarna hitam serta lantai dari kanvas karet.

Bagliani juga membagi dinding ruangan menjadi dua, dengan satu sisinya dijadikan sebagai ruang dapur. Fasadnya dibiarkan kosong berlubang yang digunakan sebagai lemari penyimpan peralatan. Adapun ruang di sekitarnya dibiarkan terbuka untuk para karyawan berkumpul dan berkomunikasi.

Untuk tata letak, Bagliani menghadirkan setiap meja yang dilengkapi dua buah lampu. Hal ini menyebabkan munculnya efek cahaya yang berbeda-beda, serta menghadirkan bayangan pada langit-langit, dan permukaan dinding.

Sementara untuk memperlihatkan luasnya ruangan, ruangan kantor ini dibiarkan bersih dari bermacam aksesoris pendukung seperti kabel listrik. Semua sistem listrik di ruangan ini terkonsentrasi ke satu dinding di bawah jendela sehingga bebas dari berantakan dan nyaman di ruang kerja "nirkabel".

Anda terinspirasi?

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita