28 Rabu, 04 Desember 2013 | 09:09:13

Rumah dari Batu, Lebih Murah, Hemat Energi dan Abadi!

Rumah dari Batu, Lebih Murah, Hemat Energi dan Abadi!

Sembari menyatakan klaim bahwa material pilihannya tergolong lebih murah dan lebih cepat ketimbang beton, studio arsitektur dari Perancis, Perraudin Architecture, mengejutkan dunia dengan menggunakan batu padat sebagai material pembuat rumah.

Menurut arsitek Marco Lammers, batu dipilih karena alasan ekonomis.

"Batu itu sendiri merupakan material yang tidak mahal. Pembuatannya murah. Lagipula, lebih besar massanya, semakin rendah harganya dan semakin baik kualitasnya," imbuh Lammers.

Rumah batu ini bukan fiksi seperti dalam film kartun The Flintstones. Rumah tersebut berada di Croix Rousse di Lyon, Prancis. Tepatnya, rumah tersebut berada di distrik pusat penenunan sutra dan terletak di belakang sebuah galeri seni.

Secara khusus, Perraudin Architecture mendesain bangunan yang sesuai dengan arsitektur lokal. Untuk diketahui, arsitektur setempat menonjolkan dinding-dinding batu dan jendela berukuran besar yang cukup untuk memasukkan gulungan sutra.

Lammers menambahkan bahwa penggunaan batu sebagai bahan utama jauh lebih efisien daripada menggunakannya sebagai bahan tambahan. Cara ini dapat menciptakan bangunan hemat energi tanpa harga mahal.

Pasalnya, ketika digunakan untuk keperluan konstruksi dalam bentuk masif dan mentahnya, batu mampu menahan beban dengan kualitas baik. Selain itu, massa termalnya juga istimewa. Batu mampu menyerap dan melepaskan kelembaban ekstra. Tidak terdegredasi dan mampu menjadi karya arsitektur abadi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita