144 Selasa, 03 Desember 2013 | 16:37:17

Demi Visa Keliling Eropa, Orang Kaya China Borong Rumah di Portugal

Demi Visa Keliling Eropa, Orang Kaya China Borong Rumah di Portugal

Berkeliling Eropa sudah menjadi kegemaran para orang kaya di China. Dengan hanya membeli rumah di Portugal, orang kaya China bisa mendapatkan izin kependudukan yang bisa menjadi visa bagi mereka untuk berkeliling Eropa. Portugal memang memberikan karpet merah kepada pembeli properti dari China, karena para pembeli ini berhasil menstabilkan harga properti yang jatuh hingga 1/3 selama resesi yang terjadi di negara tersebut.

Setahun yang lalu, pemerintah Portugal meluncurkan program untuk menarik investor kaya, dan hasilnya berbuah manis. Program itu adalah, bila anda membeli rumah atau apartemen minimal 500 ribu euro (US$ 700 ribu) atau sekitar Rp 7 miliar dan memilikinya selama 5 tahun, maka anda akan mendapatkan izin kependudukan.

Hanya dengan kewajiban menghabiskan 7 hari dalam setahun di Portugal, para pemegang izin kependudukan ini bisa jalan-jalan kelling Eropa tanpa visa, di negara-negara dengan visa Schengen.

Program ini banyak diminati oleh orang-orang asal China, diikuti juga orang dari Brasil, Rusia, dan Angola.

Sejumlah negara di Eropa juga melakukan program serupa untuk menarik investor di saat krisis menghantam. Sampai saat ini sudah ada 356 izin kependudukan yang dikeluarkan dengan investasi 222 juta euro.

Program ini meningkatkan investasi di Portugal. Saat ini ada lebih dari 300 permintaan izin kependudukan yang tengah dikaji dengan nilai investasi sekitar 600 juta euro.

"Permintaan ini biasanya disetujui," ujar Kepala Agen Properti di Portugal bernama Luis Lima, dikutip dari AFP, Selasa (3/12/2013).

Bulan lalu, setiap minggu ada investasi 15 juta euro yang masuk. Bila rata-ratanya sebesar itu, maka dalam setahun bisa ada investasi 800 juta euro yang masuk.

Banyak orang-orang kaya China yang memilih untuk menyekolahkan anaknya di Eropa, karena banyak keuntungan yang didapat.

"Dengan 500 ribu euro, orang bisa membeli apartemen dengan 4 kamar tidur seluas 130 meter persegi di Benfica. Kalau di Beijing atau Shanghai, dengan uang segitu hanya mendapat sebuah apartemen 2 kamar tidur seluas 60 meter persegi," kata Luis. (dnl/ang)

Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita