117 Kamis, 21 November 2013 | 10:14:04

Inilah Bangunan Paling Ramah di Dunia

Inilah Bangunan Paling Ramah di Dunia

One Angel Square di Manchester, Inggris diklaim sebagai bangunan paling ramah lingkungan di dunia. Gedung perkantoran yang berkapasitas 3.000 orang itu, mendapat peringkat tertinggi BREAAM dengan skor 95,16%. Gedung yang menjadi markas The Co-operative Group, Inggris itu dirancang oleh 3D Reid. Tiga ribu karyawan, termasuk staf perusahaan, bakal berkantor di gedung yang memiliki luas 500 ribu square meter itu. Semula, karyawan Co-operative Group tersebar di delapan bangunan berbeda.

Bangunan perkantoran tersebut menggabungkan sejumlah besar fitur berkelanjutan. Unsur-unsur itu meliputi sumber daya dari tanaman yang tumbuh di peternakan milik Co-operative Group.

Lalu, pemanasan dan pendinginan udara di ruang bawah tanah dan mendistribusikan pada suhu inti bumi. Selain itu, fasad kulit ganda yang bertindak sebagai selimut untuk mengisolasi kantor di musim dingin dan ventilasi mereka di musim panas.

"Bangunan ini merupakan pencapaian skor tertinggi yang pernah ada di BREEAM. Hal itu mencerminkan visi ambisius dan komitmen dari The Co- operative Group. Mereka telah menciptakan ruang dengan karbon yang sangat rendah dan berkelanjutan. Sebuah lingkungan kerja yang baik dengan kredensial hijau tua," ujar Direktur BREEAM Bre Global, Gavin Dunn, seperti dilansir inhabitat.com.

Gedung yang pembangunannya rampung pada awal tahun 2013 tersebut sudah mulai beroperasi setelah mendapat kunjungan Ratu Inggris. One Angel Square berketinggian 14 lantai dengan kapasitas ruang perkantoran seluas 320 ribu square meter. Lalu, ada juga sebuah auditorium berkapasitas 320 orang dengan bentuk lebih rendah dari permukaan tanah.

Kompleks ini juga dilengkapi dengan pusat kebugaran yang bisa dimanfaatkan oleh para staf, atrium kafe yang bisa dimanfaatkan untuk konferensi yang berkapasitas 400 peserta. Selain itu, tersedia restoran di lantai delapan yang memiliki pemandangan panorama sekeliling gedung, ruang parkir berkapasitas 151 mobil, 16 sepeda motor, dan 105 sepeda kayuh.

"Ini adalah hasil yang fantastis, tidak hanya untuk klien dan tim yang bekerja sangat keras bersama-sama untuk mencapai hal ini, tapi juga untuk industri," kata Direktur Proyek 3D Reid, Mike Hitchmough.

Penulis: EDO/FER
Sumber : berita Satu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita