60 Kamis, 14 November 2013 | 17:34:55

Ada \"Kota\" di Kantor Pusat FOX...

Ada \

Koridor berwarna merah menyala tepat di pintu masuk kantor pusat Fox Head Inc. di California, Amerika Serikat, seolah menyuarakan karakter kantor tersebut dengan sangat vokal. Pintu masuk futuristik menuju perusahaan produsen pakaian "motocross" ini mengarahkan pengunjung dan para karyawan ke dalam koridor yang secara khusus didesain hingga menampilkan pemandangan kota lengkap dengan pepohonan, tempat-tempat duduk, dan kantor di sisi-sisinya. Semua ini merupakan hasil karya Clive Wilkinson Architects.

Clive Wilkinson Architects mendapat tugas untuk mengubah sebuah gudang seluas 7.600 meter persegi menjadi lingkungan kerja yang fleksibel dan mampu digunakan dalam proses kerja kolaboratif. Perusahaan arsitektur tersebut harus merefleksikan ethos kreatif dari merk Fox Head Inc.

Para arsitek yang terlibat dalam proyek ini rupanya menggunakan konsep penataan kota tradisional dalam kantor ini. "Konsep penataan kota tradisional digunakan untuk menyediakan rangka arsitektural dan membentuk pusat komunitas di sekeliling tempat (ini), interaksi, dan inovasi," ujar mereka.

Benar saja. Begitu masuk dalam bangunan besar ini, sebuah jalan masuk berukuran besar yang berperan sebagai "jalan utama" atau "main street" akan mengantar para karyawan menuju departemennya masing-masing di kanan dan kiri jalan. Setiap departemen akan memiliki desain khusus yang mudah terlihat karena memiliki ciri khas berbeda-beda. Di "jalan utama" tersebut pun tersedia pepohonan dan tempat-tempat duduk. Tempat duduk tersebut, yang tersebar di tepi jalan maupun di ruang-ruang terbuka, dapat dimanfaatkan juga sebagai ruang rapat informal.

Kerjasama antara Fox Head, Inc. Dan Clive Wilkinson Architects berawal dari 2011 ketika Fox Head Inc. ingin memindahkan kantor pusatnya dari Morgan Hill di Northern California ke Irvine, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini ingin para karyawannya terinspirasi dan menjadi lebih semangat berkat ruang kerja mereka yang nyaman dan menyenangkan. Seperti dikutip dalam Dezeen.com, Fox Head Inc. ingin agar Clive Wilkinson Architects meninjau kembali cara kerja kantor dan bagaimana gudang mampu menjadi rumah kreatif.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita