1 Jum'at, 01 November 2013 | 11:04:46

Wah, Harga Hunian di Singapura Turun!

Wah, Harga Hunian di Singapura Turun!

Kebijakan ‘property-cooling’ yang diambil Pemerintah Singapura di awal tahun ini telah membuat tingkat pertumbuhan harga hunian di Kota Singa ini melambat. Data terbaru Urban Redevelopment Authority memperlihatkan harga hunian rata-rata meningkat hanya sebesar 0,4% pada kuartal III-2013, atau turun dari peningkatan sebesar 1% pada kuartal sebelumnya. Di beberapa kawasan, penurunan harga benar-benar terjadi, misalnya di Core Central Region (CCR), harga turun 0,3% pada kuartal ketiga, setelah turun 0,2% pada kuartal sebelumnya.

Di kawasan Rest of Central Region (RCR), harga turun 0,9%. Ini merupakan penurunan harga pertama di wilayah tersebut sejak kuartal I-2012 .

Sementara itu, harga hunian di Outside Central Region (OCR) meningkat 2,2% dan harga sewa properti hunian pribadi meningkat 0,2%—sedikit  menurun dari kenaikan 0,3% pada kuartal II-2013 .

Laman PropertyWire menyebutkan, sebagai akibat perlambatan tersebut, pengembang hunian semakin sedikit meluncurkan proyek-proyek baru. Mereka hanya berhasil menjual 2.430 unit properti di kuartal III-2013; turun signifikan dari kuartal kedua, dimana 4.538 unit terjual dan hunian baru yang diluncurkan sebanyak 3.313 unit.

Di sisi lain, data Housing and Development Board (HDB) pada kuartal ketiga lalu menunjukkan bahwa harga apartemen second jatuh lebih dari yang diperkirakan dalam tiga bulan terakhir. Resale Price Index (RPI) turun sebesar 0,9%, atau merupakan penurunan pertama sejak kuartal I-2009.

Anto Erawan
Sumber : Rumah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Terkini

Selengkapnya

Referensi

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita