71 Selasa, 22 Oktober 2013 | 11:41:08

Aiih! Imutnya Rumah-rumah

Aiih! Imutnya Rumah-rumah

Rumah adalah kebutuhan dasar manusia selain makanan dan pakaian. Rumah yang bagus pasti membuat penghuni rumahnya betah. Namun bila tak mampu membeli rumah besar, karena keterbatasan lahan atau dana, bagaimana penghuni menyiasatinya?

Berikut ini rumah-rumah imut di dunia seperti dikutip dari situs Mother Nature Network (MNN):

1. Rumah Tumbleweed

Sejak 1997, Jay Shafer pemilik perusahaan Tumbleweed Tiny House Company hidup dalam rumah yang lebih kecil dari toilet kebanyakan orang. Walaupun kecil Jay menata rumahnya dengan cozy. Ruangnya didesain terdiri dari ruang kerja, tempat tidur, kamar mandi (dengan WC dan pancuran), dan ruang tamu.

Desainnya termasuk menyusun teras dengan tangga berundak agar penghuni masih bisa menikmati udara segar di depan rumah mereka.

2. Rumah Kompak Mikro

Rumah ini bentuknya seperti dadu berukuran masing-masing 2,6 meter. Namun jangan salah, rumah ini memuat 2 double bed, kamar mandi, lobi, ruang makan untuk 4-5 orang, dapur dan ruang hiburan. Cukuplah untuk kebutuhan orang yang tinggal di dalamnya.

3. Rumah 'Nyempil' di Toronto

Lihatlah rumah yang 'nyempil' di antara dua rumah besar yang berukuran normal itu. Memang bukan rumah yang terkecil di dunia, namun sepertinya rumah terkecil di Toronto. Sebenarnya rumah ini berdiri di atas tanah seluas 90 meter persegi. Banyak yang tertarik untuk memilikinya, termasuk bintang talk show Ellen Degeneres.

4. Rumah Rollit

Mahasiswa di Universitas Karlsruhe Jerman mendesain rumah chick yang seperti tabung ini. Semua fungsi ruangan dijadikan satu dalam satu ruangan kecil. Pernah lihat marmut atau tikus di dalam roda putar?

Nah, itulah uniknya rumah ini. Terbagi atas 3 roda putar, bisa berubah fungsi dengan memutar bagian tengah rumah itu. Dan voila! Ruang tidur bisa terbalik berganti kursi tamu dan meja, sementara di sisi satunya bisa berganti fungsi antara toilet, pancuran dan wastafel.

5. Rumah Karavan Sepeda

Rumah karavan lazimnya di atas sebuah mobil van, namun yang dilakukan Paul Elkins ini berbeda. Dia membuat rumah karavan mini yang bisa ditarik dengan sepeda.

Rumah ini hanya muat untuk 1 orang. Kalau mau ke kamar kecil, ya tinggal mampir saja tempat yang ada kamar mandinya seperti pom bensin. Rumah ini dilengkapi tenaga turbin angin dan tenaga matahari untuk sistem pemanas.

6. Rumah Terkecil di Inggris Raya

Rumah terkecil di Inggris Raya ini terkenal dengan sebutan Quay House, terletak di Conwy, Wales. Berukuran 3 x 1 meter persegi, sampai tahun 1900, rumah ini hanya dihuni oleh seorang nelayan setinggi 180-an cm.

Tak bisa dipercaya jika rumah itu muat untuk menaruh kompor, wastafel air siap minum, lemari dan tempat tidur. Rumah itu kini menjadi atraksi untuk para turis.

7. Rumah Kubus 12

Rumah Kubus ini berukuran masing-masing sisinya sekitar 12 kaki atau 3,6 meter atau bervolume 46 m3. Kendati kecil, tapi cukup untuk menaruh bak cuci piring, microwave, kamar kecil, kloset dan pencahayaan alami.

Rumah ini didesain untuk pelestarian lingkungan. Desain interior di dalamnya ditata sangat modern dan fungsional, berlantai parket menggoda orang untuk memilikinya.

8. Rumah Nano

Rumah Nano ini dibuat untuk mengatasi krisis perumahan global. Rumah seluas 25 meter persegi ini didesain untuk dihuni 4 orang. Rumah ini juga disekat dengan artistik, dilengkapi pemanas tenaga surya. Kamar-kamar di rumah ini bisa dikonversi menjadi ruang lain.

9. Rumah Mungil Texas

Rumah mungil ini berada di Luling, Texas, AS. Komponen rumah ini semua berasal dari materi daur ulang. Perusahaan yang membuat rumah ini adalah Tiny Texas Houses, menuliskan dalam situsnya: setelah satu generasi memiliki semuanya dan membuang sangat banyak sampah, mungkin ini saatnua mempertimbangkan untuk menjaganya tetap kecil dan melestarikan apa yang kita miliki sebelum kita membuang-buang sumber daya yang terbatas.

10. Rumah Single Hauz

Potongan desain rumah ini terinspirasi dari penampakan billboard di pinggir jalan, yang bisa dibangun di berbagai ruangan.

Seperti rumah panggung, namun pipih seperti billboard, rumah ini didesain oleh biro arsitek Front Architect dari Polandia. Cocok untuk orang single, independen, dan modern.

Nah, ada yang mau meniru?
(nwk/nrl)
Sumber : Detik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita