136 Kamis, 10 Oktober 2013 | 10:54:28

Mansion Bersejarah Inggris Dihargai USD500 Juta

Mansion Bersejarah Inggris Dihargai USD500 Juta

Sebuah mansion yang terletak di Carlton House Terrace, jantung kota London dekat Istana Buckingham, menawarkan sejarah Kerajaan Inggris dari masa ke masa. Mansion yang dihargai sekitar USD500 juta ini dilengkapi 25 kamar tidur, yang dibangun dari pada masa kecil Raja George IV pada abad ke-18. Di dalamnya, ada juga patung Ratu Victoria.

Rumah besar yang terdiri dari empat bagian yang saling berhubungan ini terdiri atas enam lantai bergaya Georgia House, kini dimiliki oleh miliarder yang disebut Hinduja bersaudara. Oleh karena itu rumah ini dinamakan The Hindujas.

Keempat saudara itu bernama Srichand, Gopichand, Prakash dan Ashok. Mereka bersama-sama mengelola perusahaan mereka,yang disebut Hinduja Grup. Hinduja Grup adalah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang minyak, mobil, perbankan, real estat dan media.

Anak pertama dan kedua dari keluarga konglomerat ini, Srichan dan Gopichand telah menetap di London sejak tahun 1970 dan telah resmi menjadi warga negara Inggris. Sedangkan yang ketiga, Prakash, berada di Swiss. Dan yang terakhir Ashok, menetap di Mumbai. Keuntungan yang didapat dari kerajaan bisnis mereka itu mencapai USD8 miliar.

Pada tahun 2006, saat Crown Estate masuk dalam daftar penjualan, Hinduja bersaudara ini langsung membeli semuanya. Mereka mengalahkan seorang miliarder Rusia dan Timur Tengah dengan mengetok palu kesepakatan seharga USD95 juta atau sekira Rp1 triliun untuk sewa selama 125 tahun.

Hinduja bersaudara ini menghabiskan hingga Rp1 triliun untuk merenovasi rumah tersebut. "Nantinya rumah ini akan memiliki 140 pekerja yang bekerja di dalamnya," kata Kepala Eksekutif AMC Proyek Services, Kash Chandrana yang dilansir dari Forbes, Rabu (8/10/2013).

Perusahaan AMC ini merupakan perusahaan manajemen aset yang dikontrak oleh Hinduja Bersaudara untuk mengawasi renovasi tersebut. Hinduja Bersaudara ini juga menguasai Weldon House, sebuah perusahaan arsitektur di London, yang bergerak dibidang renovasi gedung.

"The Hindujas secara resmi dibuka pada bulan Oktober 2011,saat diadakannya acara Grihapravesh, yaitu pesta syukuran rumah ala India. Pesta ini dipimpin oleh pendeta Hindu dan dihadiri sekitar 300 tamu. Di antara para tamu juga dihadiri oleh orang terkaya di India, Lakshmi Mittal dan Mukesh Ambani.

Liza Leigh, mitra properti di Knight Frank di London mengatakan, rumah Hinduja berharga lebih dari USD500 juta atau sekitar 5,7 triliun rupiah. Namun, Kepala Eksekutif AMC Proyek Services, Kash Chandrana mengatakan. "Bukan berarti Hindujas Bersaudara ingin menjual rumah itu. Keluarganya sebenarnya mengincar akuisisi yang lebih dari itu, jika telah menemukan harga yang tepat". (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita