99 Kamis, 17 Oktober 2013 | 19:07:11

"Kulit" Hijau Bungkus Menara di Bangkok

Somdoon Arsitek ' IDEO Morph 38 merupakan gedung bertingkat baru dengan dinding hijau yang menawarkan jalan untuk melarikan diri dari padatnya jalanan Bangkok. Terletak di area perumahan Sukhumvit, pembangunannya terdiri dari dua menara yang terpisah. Masing-masing menara dirancang untuk tipe penghuni yang berbeda. Lapisan "kulit" hijau melapisi dinding bangunan, yang memberikan efek shading sekaligus mengatur apa yang bisa terlihat dari dalam dan luar gedung. Lalu, apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing menara ini?


Menara 10 tingkat yang lebih kecil disebut dengan Skyle, dan secara spesifik menargetkan penghuni yang terdiri dari singles atau pasangan muda. Apartemen pada menara ini didesain sedemikian rupa agar bisa menjangkau mereka yang berpendapatan kecil.


Sementara itu, menara 32 tingkat disebut dengan Ashton. Menargetkan penghuni yang berkeluarga dengan menekankan strukturnya pada ruang horisontal dan kantilever. Ukuran setiap unit bervariasi, mulai dari single bed hingga two bed dengan tambahan kolam renang pribadi dan taman. Terdapat juga balkon semi-outdoor yang fleksibel dengan alam. Dengan mudah dapat bertransformasi antara balkon konvensional dan ruang dalam tambahan.


Pada bagian luarnya, dua menara ini dikaitkan dengan tampilan visual yang serasi.  Membungkus bangunan mulai dari barat Ashton sampai ke timur Skyle. Bagian kulit terluarnya dikonstruksi dari kombinasi panel beton pracetak dan dinding tanaman. Sebuah kombinasi apik yang menggambarkan hubungan lansekap dan bangunan.


Foto  : W Workspace
Sumber: Inhabitat & + Somdoon Architects Via ArchDaily

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita