881 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 18:02:05

Bangunan Bersejarah di Thailand : Phra Sumen Fort

Bangunan Bersejarah di Thailand : Phra Sumen Fort

Mengunjungi banyak bangunan bersejarah adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan saat pengunjung berada di suatu tempet dan jika pengunjung sedang berada di Bangkok maka pengunjung bisa menemukan banyak bangunan tua yang indah juga menyimpan cerita tersendiri. Salah satu bangunan tua yang bisa pengunjung singgahi adalah Phra Sumen Fort, merupakan benteng yang dibangun selama masa pemerintahan Raja Rama I, dan bangunan ini merupakan kumpulan empat belas benteng yang didedikasikan untuk melindungi perbatasan Old City, Bangkok, Thailand yang pada masanya sering terjadi peperangan untuk mengambil alih wilayah kerajaan maupun wilayah yang dianggap berpotensi. 

Namun sayangnya sebagian besar bagian bangunan tua ini telah menghilang selama bertahun-tahun dan juga sebagian lainnya runtuh karena usianya yang sudah tua. Bangunan ini hanya ada satu di Thailand dan terletak di Phra Arthit Road, namun ada bangunan yang hampir serupa konstruksinya juka dilihat sekilas dan diberi nama Mahakhan Fort yang terletak di Ratchadamnoen Road.

Bangunan – bangunan bersejarah ini tetap berada di lokasi awal berdirinya dan tak pernah dipindahkan, benteng besar ini juga berada tak jauh dari kawasan  Suan Santichaiparkran Park, taman yang indah dengan lingkungan hijaunya yang menenangkan dan sering dikunjungi pada sore hari ini juga cukup ramai dan pengunjung bisa melihat bangunan benteng putih ini dari kejauhan. Taman tempat berdirinya dinding beton besar ini juga memiliki pemandangan yang mengesankan karena ia terletak di atas tanah yanga melintasi tepi Sungai Chao Phraya.


Terkesan dengan keindahan bangunan berbentuk heksagonal inimenjadi hal yang tak asing lagi, para wisatawan juga senang berpose dan mengabadikan gambar saat mengunjunginya. Desain kokoh berbalut cat putih pucat dengan benteng, kanon dan dek observasi yang masih terlihat baik adalah bukti bahwa bangunan ini masih dirawat hingga sekarang meskipun pengunjung bisa menemukan banyak bercak lumut yang kadang mengotori cat putihnya. Jika pengunjung datang ke sini pada siang hari maka pengunjung bisa menghabiskan waktu lebih banyak, pengunjung tak hanya bisa mengitari bangunan tuanya dan mengabadikan kegagahannya namun pengunjung juga dapat menikmati relaksasi di sekitar taman, atau makan siang di salah satu restaurant yang ada di sekitar Phra Arthit Road itu.

Benteng putih ini juga akan tetap terlihat indah saat malam hari karena didesain bersinar dengan nyala lampu yang dipasang disekitar benteng. Dibangun pada tahun 1783, benteng ini berguna untuk melawan invasi angkatan laut yang menyerang Thailand dengan pasukan penjaga yang bernama Phra Sumen in Thailand. masih kental dengan budaya Hindu-Buddha juga kosmologi, menjadikan bangunan ini mienjad salah satu dari 14 menara pengawas kota yang diselingi tembok kota tua bersama Khlong Rop Krung yang sekarang diubah namanya menjadi Khlong Banglamphu jadi banyak benteng yang didirikan mengelilingi kerajaan di dalmnya dan yang tersisa hanya Phra Sumen Fort yang kini dibangun taman berumput dengan paviliun terbuka ditemani pemandangan sungai disekitar bangunan.
 
 
Lokasi: Phra Arthit Road, Banglamphu, dekat Khao San Road
Sumber : Thailand panduan wisata

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita