89 Senin, 14 Oktober 2013 | 13:09:36

House of Trades, Tempat yang Cocok untuk Ibu-ibu Muda

 House of Trades, Tempat yang Cocok untuk Ibu-ibu Muda

"House of Trades" atau Rumah Berdagang di desa Cerro La Granadilla, sekitar 50 kilometer dari Ibukota Republik Guatemala, Guatemala City, merupakan jawaban bagi para perempuan, para ibu-ibu muda, untuk belajar berdagang dan mulai mandiri secara finansial. Tak hanya itu. Di tempat mereka juga dapat berkegiatan sembari menjaga anak mereka.

Konstruksi berkelanjutan tersebut dibuat oleh sekelompok pelajar, sukarelawan, profesional, dan pekerja lokal. Mereka menamakan diri Team C.A.S.A (Central American Sustainable Architecture, atau Arsitektur Berkelanjutan Amerika Tengah).

Team C.A.S.A membangun konstruksi berkelanjutan yang mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan tempatnya berada. Konstruksi ini bisa "diterjemahkan" kembali untuk membangun hunian yang tepat bagi daerah lain di Amerika Selatan.

Struktur ini dibangun selama dua bulan. Di dalamnya terdapat ruang terbuka yang fleksibel penggunaannya, serta sebuah dapur.

Kanopi kayu dan rangka bangunan ini dibuat dari kayu lokal. Kayu-kayu ini mudah didapatkan dan berperan sebagai peneduh bagi pengguna konstruksi dari terik matahari dan hujan.

Ruang fleksibelnya bisa digunakan sebagai ruang berkumpul warga pedesaan. Tidak hanya rangkanya, dinding bangunan ini juga menggunakan tanah setempat. Sementara, lantai bangunan ini dibuat dengan beton dan dilapisi dengan plaster untuk menjaga keawetannya.

Agar pengguna konstruksi ini semakin nyaman, Team C.A.S.A menggunakan massa termal tebal. Massa termal tersebut berguna untuk menahan fluktuasi temperatur ekstrem di sekitar lokasi. Begitu juga dengan bambu-bambu yang dianyam bersama menjadi peneduh.

Tidak hanya menarik bagi penduduk sekitar, konstruksi ini juga menjadi perbincangan hangat pada Kongres III CUCS, Torino 2013, yang diadakan 19-21 September lalu. Acara bertajuk "Menuju Kebudayaan Bekerjasama: Jaringan Universitas-Universitas Menghadapi Wajah Baru Tantangan Pembangunan

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita