148 Jum'at, 11 Oktober 2013 | 12:52:09

Ini Rumah Terbaik di Dunia

Ini Rumah Terbaik di Dunia

Sebuah rumah di Australia terpilih sebagai rumah terbaik di ajang World Architecture Festival Awards 2013. Hunian yang dibangun oleh dua arsitek muda asal Brisbane, Queensland, ini dibangun selama tujuh tahun.

Rumah yang dibangun di Kennedy Terrace, Paddington ini diarsiteki oleh pasangan suami-istri, Casey dan Rebekah Vallance. Properti ini sebenarnya merupakan perluasan dari pondok seorang penjaga.

"Kami syok. Kami kagum," kata Casey seperti dilansir dari News, Jumat (11/10/2013).

Rumah Vallance, yang disebut sebagai Left-over Space House, memang berhasil menarik perhatian para juri. Rumah ini berdiri di atas lahan yang miring. Di sampingnya ada ruang dansa tua dan pondok penjaga daur ulang. Halaman depannya hanya berjarak tiga meter dan memanjang ke belakang hingga lima meter.

Casey menyatakan dia ingin memperluas bangunan itu karena tidak ingin merusak pondok yang berusia 100 tahun. Bangunan baru ini hampir tidak terlihat dari jalanan. Para juri internasional mencatat desain bangunannya memiliki "kualitas puitis".

Pasangan ini membeli pondok tersebut pada 2003 dan terus berkembang hingga dua anak mereka, Esther (3) dan Abigail (1), lahir. "Hampir semua pekerjaan dilakukan oleh Bec (sapaan Rebekah) dan saya," kata Casey.

Rumah kayu ini memiliki tiga kamar tidur dan sebuah atrium, pintu geser, dan layar logam berlubang yang menunjukkan semangat histori rumah di Brisbane yang kaya “kayu dan timah".

Pondok penjaga kini digunakan sebagai studio dan tempat pertemuan. Selain itu, pondok juga bisa menjadi kamar tidur. Rumah ini memiliki atap untuk area barbekyu. Harganya sekitar 600 ribu dolar Australia (AUD) atau setara dengan Rp6,3 miliar (Rp10.508 per AUD).

"Kami merancangnya dengan sangat fleksibel," tutur Casey.

Menurut pasangan ini, properti tersebut bukanlah pernyataan arsitektural tetapi hanya sebagai rumah. Sementara para juri di kompetisi menilai rumah ini memancarkan "keabadian dan kualitas yang fana, di mana realitas dan keaslian mencerminkan semangat dari sang pemilik".

World Architecture Festival Awards 2013 merupakan kemenangan terbaik bagi pasangan yang berasal dari firma Cox Rayner Architect tersebut. Sebelumnya mereka memenangkan lima penghargaan internasional, tiga di antaranya diraih untuk National Maritime Museum of China di Tianjin, sebuah kota pelabuhan yang dihuni 14,5 juta orang.

Cox Rayner juga memenangkan hadiah infrastruktur internasional untuk desain mencolok, terminal ferry Brisbane. Terminal ini bakal dibangun di sepanjang Sungai Brisbane antara University of Queensland dan New Farm dengan biaya sebesar 20 juta AUD. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita