182 Senin, 30 September 2013 | 13:02:49

8 Bangunan Unik dan Aneh yang Sengaja Dibangun Terbalik

8 Bangunan Unik dan Aneh yang Sengaja Dibangun Terbalik

Sulit untuk dipercaya di dunia ini ada beberapa bangunan yang didirikan dengan pose terbalik. Bila Anda menduga bangunan-bangunan unik dan aneh ini adalah editan foto, Anda bisa mengecek informasinya bahwa bangunan tersebut adalah bangunan asli.

Kurang diketahui apa sebenarnya yang dipikiran para arsitek bangunan ini. Akan tetapi, satu hal yang berhasil mereka lakukan adalah membuat bangunan unik dan aneh yang bisa membahagiakan orang lain meskipun hanya melihat dan mengetahui keberadaan bangunan tersebut.

Pasti penasaran kan dengan bangunan-bangunan ini? Buktikan faktanya di sini. Dijamin Anda akan kagum melihat bangunan-bangunan yang aneh tapi nyata tersebut. Berikut 8 Bangunan unik dan aneh yang Sengaja Dibangun Terbalik.

1. House of Katmandu, Spanyol
Bangunan ini merupakan gedung unik yang mengombinasikan taman, museum, tempat kunjungan turis yang berada di Spanyol. Dibuka pertama kali pada tahun 2007 dengan desain ala Tibet.


Di dalamnya, Anda bisa melihat cerita fiksi Indiana Jones dan petualangannya yang seru. Untuk fasilitas ini, Anda akan dikenai biaya tentu saja. Selain megah, di malam hari bangunan ini nampak indah meski dengan desain terbalik.

2. Wonderworks, Florida & Tennessee, USA
Jika dilihat dengan sepintas, gedung ini Tampak seperti gedung opera atau gedung putih yang entah bagaimana ceritanya seperti dicabut dari tanah dan dilemparkan lagi ke tanah namun dalam keadaan terbalik.


Bangunan seperti ini berada di dua tempat di Amerika, yaitu di Florida dan di Tenessee. Di dalam Wonderworks, tersedia beberapa hiburan seperti teater film dengan 12 seats. Mengapa bangunan ini dibangun terjungkir seperti ini? Tidak ada yang pernah tahu jawabannya. Yang jelas, gedung ini memang mengherankan seperti namanya.

3. Norman Johnson’s Upside-Down House, Florida, USA
Bangunan unik dan aneh ini juga dibuat dengan kondisi terbalik. Adalah Norman Johnson’s Upside-Down House di Amerika Serikat. Bangunan ini dibangun menggunakan arsitektur model tahun 1961 sehingga terkesan retro.


Desain perabotan di dalamnya juga dibangun dengan terbalik, termasuk tanaman hias di pinggir rumahnya yang nampak membingungkan. Meski begitu, rumah ini termasuk rumah paling diinginkan saat orang-orang melewati bangunan unik tersebut.

Sayangnya, bangunan tersebut kini sudah tidak ada lagi karena dirobohkan beberapa tahun yang lalu.

4. House-Attack, Austria
Ini adalah bangunan terbalik paling aneh di dunia. Selain mengonsep rumah terbalik, rumah ini juga seolah jatuh dari langit dan tersangkut di sebuah bangunan. Rumah yang berada di Vienna, merupakan buah karya Erwin Wurm.



Bila diamati, bangunan ini mungkin terlihat kocak karena sekalipun menggunakan konsep rumah terbalik, namun tidak mendarat di tanah seperti rumah lainnya. Bangunan unik ini pertama kali dibuka di tahun 2006. Bisakah Anda membayangkan rumah Anda tersangkut di bangunan lain seperti itu?

5. The World Stands on Its Head, Jerman
Ini adalah salah satu bangunan terjungkir paling lucu dan kocak di Jerman. Bagi para pengunjung disarankan untuk lebih dulu buang air sebelum ke tempat ini. Tentu saja, karena toilet di rumah ini pun dibangun terbalik.


Dibuka untuk umum sejak tahun 2008, bangunan ini bisa Anda temukan di Baltic Sea. Rumah unik tersebut didesain oleh Klaudiusz Golos dan Sebastian Mikiciuk. Meski hanya berupa rumah biasa, namun karena bantuknya terbalik, membuatnya menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung.

6. Device to Root Out Evil, Kanada
Di antara seluruh bangunan terbalik, mungkin inilah bangunan yang paling mencengangkan. Umumnya bangunan gereja menjurus ke atas sebagai simbol akan surga. Namun gereja nyentrik ini menukik ke dalam tanah seolah menuju panas bumi yang disimbolkan sebagai panas neraka.


Jangan heran kalau namanya pun menjelaskan bahwa bangunan ini seperti alat untuk menemukan iblis. Lebih aneh lagi, karena bangunan ini bertumpu pada satu ujung yang meruncing, sehingga nampak rentan ambruk.

Awalnya bangunan ini berada di Vancouver, namun kemudian dipindahkan ke sebuah taman di Calgary. Bangunan setinggi 25 kaki ini didesain oleh Dennis Oppenheim.

7. Rumah Terbalik, Polandia
Rumah terbalik lainnya ada di Desa Szymbark, Polandia. Rumah kayu di tengah kerimbunan pepohonan ini adalah ide dari Daniel Czapiewski. Ia meminta beberapa orang tukang kayu dan kontraktor untuk membuat rumah ini hanya dalam 114 hari.


Untuk bisa masuk ke dalamnya, pengunjung harus melewati pintu masuk yang berada di genteng rumah. Desain di dalamnya akan mengingatkan kita pada masa komunis. Bangunan ini dibangun dengan kesan politik masuk di dalamnya.

8. Sakasa Restaurant, Jepang
Merupakan sebuah bangunan warna pink dan putih dengan desain yang cute, namun seolah terjungkir ke tanah. Anda bisa menemui bangunan mungil ini di kota Matsumoto, Prefektur Nagano.


Sebagaimana bentuk di luarnya, isi bangunan di dalamnya juga terbalik. Bahkan hingga daftar menu makanannya disajikan dengan tulisan yang terbalik. Wah, siap-siap bawa cermin nih ke sana agar tidak kesusahan saat akan memesan makanan di Sakasa Restaurant ya.


Sumber : PalingUnik

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita