153 Kamis, 15 Agustus 2013 | 10:48:49

Nikmati Sensasi Berbeda, Tinggal di Rumah Tepi Jurang Swedia

Nikmati Sensasi Berbeda, Tinggal di Rumah Tepi Jurang Swedia

Bagaimana rasanya tinggal di rumah di tepi jurang? Sensasinya pasti berbeda.  Namun begitu, ternyata tidak hanya memicu adrenalin pemiliknya. Lokasinya yang unik serta keindahan lingkungan di sekitar jurang juga menstimulasi terciptanya kreatifitas.

Tengoklah rumah tepi jurang hasil karya firma arsitektur Arkitema Architects di Swedia. Arkitema  membangun rumah untuk 22 keluarga yang disebut dengan Prästgården di sepanjang jurang dekat kota Gustavsberg, bagian timur Stockholm.
 
Pembangunan Prästgården berada di tempat yang begitu tenang, tepatnya di puncak area berbatu dengan pemandangan mengarah pada lanskap bergelombang dan hutan cemara di berbagai arah.

Hunian-hunian ini ditempatkan secara hati-hati agar bisa "berdialog" dengan lanskap di sekitarnya, jurang terjal, serta karakteristik istimewa di antara keseragaman yang sekilas tampak.
 
Bangunan dua lantai ini masing-masing memiliki karakteristik yang hampir sama. Meliputi pondasi-pondasi besi yang membuat rumah-rumah tersebut tampak "menjinjit" di tepi jurang. Kayu hitam sebagai fasad rumah, serta teras-teras mungil di masing-masing hunian.
 
Pemilihan kayu hitam yang menjadi salah satu karakter utama, ternyata tidak sembarangan. Warna hitam dari kayu fir dipilih agar kontras dengan warna-warni natural di sekeliling hunian. Sementara itu, material kayu dipilih karena merupakan material yang sering digunakan dalam bangunan-bangunan vernakular setempat.

Apa yang terdapat di dalam rumah? Masing-masing memiliki ruang keluarga di lantai bawah dan tiga kamar tidur di lantai atas. Selain di teras, para penghuni juga dapat menikmati  pemandangan indah di sekitar tanpa perlu beranjak dari rumah mereka. Pasalnya, tidak ada ruangan maupun bangunan lain yang menutupi jendela-jendela pada bagian belakang rumah.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita