193 Rabu, 28 Agustus 2013 | 14:18:37

Aeropolis, Arsitektur Unik Berbentuk "Gelembung Sabun"

Aeropolis, Arsitektur Unik Berbentuk

Sebuah paviliun temporer "menggembung" pada bulan ini di beberapa titik di Kopenhagen, Denmark. Paviliun yang tampak seperti gelembung sabun tersebut merupakan karya terbaru dari perusahaan arsitektur asal Berlin, Plastique Fantastique.

Paviliun bernama Aeropolis tersebut dibuat dari PVC anti-api. Dengan kata lain, Aeropolis merupakan sebuah "struktur tiup" transparan. Sistem ventilasi udara indutrial pada konstruksi temporer ini menjaga bentuk gelembungnya tetap sempurna, sementara orang-orang dapat masuk ke dalam lewat pintu ritsleting di salah satu sisinya. Karena mudah "dibangun" kembali, Aeropolis dapat dikembangkan di lokasi mana pun dan digunakan sebagai ruang kegiatan bagi acara apa pun.

Paviliun Aeropolis telah digunakan sebagai tempat mengadakan berbagai kegiatan dalam acara Metropolis Festival 2013 di Kopenhagen. Aeropolis telah "didirikan" di 13 lokasi. Masing-masing lokasi memiliki karakter yang berbeda. Taman penuh rumput, di bawah jembatan, bahkan bagian interior gereja pernah menjadi lokasi pembangunan Aeropolis.

Berbagai kegiatan juga pernah dilakukan di dalam gelembung ini. Contohnya, instalasi lampu, penampilan tari, acara melihat bintang di malam hari, hingga konser musik. Karena sudah terbukti tangguh dan mampu dikembangkan di lokasi mana saja, Direktur Plastique Fantastique,Marco Canevacci mengungkapkan bahwa perusahaannya berencana untuk memasang gelembung ini pada Remake Festival di Berlin, Jerman.

Aeropolis ternyata bukan satu-satunya struktur temporer yang dibuat oleh Plastique Fantastique. Perusahaan arsitektur tersebut memang mengkhususkan dirinya pada konstruksi temporer semacam ini.

Menurut perusahaan tersebut, hasil karyanya mampu menempati dan memutasi ruang urban. Intervensi perusahaan ini lewat konstruksi temporernya bisa mengubah perspektif masyarakat terhadap cara menikmati lingkungan dan berinteraksi di lingkungan tersebut. Selain itu, konstruksi unik ini juga mampu menciptakan ruang istimewa yang memadukan ruang pribadi dan publik.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita