46 Senin, 15 Juli 2013 | 12:50:39

Dijual, Hunian Holistik di Australia

Dijual, Hunian Holistik di Australia

Sebuah hunian yang diperuntukkan bagi penyakit kronis di Australia, dijual oleh seorang Praktisi Ilmu Pengobatan Alami, Merrilee Linegar. Ia menjualnya melalui agen Nicolette van Wijngaarden dari Unique Estates seharga A$6 juta atau setara Rp54,414 miliar (Kurs Rp.9.069).

Merrilee Linegar membeli properti seluas dua hektar ini pada 2011 seharga 4,8 juta dolar Australia atau setara Rp43,531 lebih. Ia bermaksud membangun pusat kesehatan di lokasi tersebut.

Dengan lokasi yang dikelilingi pepohonan, berhadapan dengan teluk, pegunungan, dan hawa sejuk, sang pemilik rumah berniat menjadikan properti itu sebagai pusat pengobatan holistik.

Hunian ini berbatasan dengan suaka alam yang merupakan tempat bagi burung-burung eksotis. Dari properti ini bisa dilihat sebuah teluk bernama Pittwater. "Penduduk sekitar menyebut rumah itu Kookaburra, kata yang diambil dari burung setempat yang bersuara laksana tawa manusia," ujar Linegar.

Linegar menghabiskan waktu 1,5 tahun dan dana sebesar $2 juta atau sekitar Rp19,924 miliar (Kurs Rp.9.962) untuk merenovasi bangunan yang selesai pada awal tahun.

Ada tujuh kamar tidur dan tujuh kamar mandi. Kamar tidur utama cukup luas yang terletak di lantai dua. Balkon kamar tidur utama menghadap deretan pohon palem, sikas, dan pegunungan.

Linegar mengganti dapur lama dengan dapur baru yang lebih luas. Ruang bermain biliar diubah menjadi ruang latihan yoga yang bisa menampung hingga 45 orang. Dapur luar ruang diubah menjadi kabin perawatan tempat Linegar menemui para pasien.

Menurut Linegar, ada unsur kejutan pada rumah yang memiliki taman dengan tanaman dan pepohonan lokal. Kolam berisi ratusan ikan koi. Gerbang belakang mengarah ke jalan setapak ke arah air terjun dan anak sungai.

"Kita bisa duduk selama berjam-jam di banyak lokasi dan terkesima oleh alam," ucapnya.

Linegar memakai rumah itu sebagai klinik bagi pasien dengan penyakit kronis seperti kanker, lyme dan autoimmune (penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan). Setelah renovasi selesai, Linegar menyadari banyaknya urusan jika ingin mengelola rumahnya sebagai klinik perawatan. Lalu, ia memutuskan untuk menjual properti tersebut.

"Penjualan rumah itu merugikan karena akan kehilangan cukup banyak uang," sebutnya.

Rumah itu awalnya akan dijual seharga A$8 juta, tapi harga diturunkan menjadi A$6 juta. Karena itu, ia berencana bergabung dengan sekelompok teman yang membuka praktik serupa dekat pusat kota Sydney. Di sana, ia akan lebih berfokus pada praktik pengobatan alami, ketimbang mengurus masalah administrasi. (Idris/sumber: wallstreetjournal)

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita