249 Kamis, 04 Juli 2013 | 13:11:58

10 Kastil Terbesar di Dunia

10 Kastil Terbesar di Dunia

Untuk mereka-reka siapa saja yang berhak menyandang gelar kastil terbesar didunia tidak semudah apa yang kita kira. Pertama-tama walaupun seringkali didefiniskan sebagai struktur yang dibangun sebagai sarana pertahanan dan tempat tinggal bagi keluarga bangsawan ataupun penguasa namun masih belum jelas apa definisi dari kastil sebenarnya.

Hampir semua orang sependapat bahwa Kremlin di Rusia bukanlah sebuah kastil namun bagaimana dengan benteng-benteng yang juga merupakan tempat tinggal di Jepang dan India? Yang kedua adalah apa yang dijadikan sebagai patokan dan bagaimana menentukannya? Jika kita berpatokan pada Guinness Book of Record maka Kastil Praha adalah kastil terbesar sedangkan Wikipedia menyatakan bahwa Windsor Castle sebagai kastil yang terbesar yang berpenghuni.

Di artikel ini akan disajikan 10 kastil terbesar beserta ukuran luas dari kastil tersebut.

1. Malbork Castle (143,591 m persegi)

Kastil ini merupakan kastil yang memiliki area terluas didunia, didirikan oleh kesatria Teutonic dari Prussia, Jerman dilokasi yang sekarang masuk kedalam negara Polandia. Kastil ini juga merupakan kastil terbesar yang bangunannya memakai batu bata. Malbork Castle atau nama aslinya Ordensburg Marienburg dibangun pada tahun 1274 sebagai markas utama para kesatria Teuton dalam menghadapi perlawanan di wilayah Polandia sekaligus sebagai tempat pemerintahan para Teuton yang menguasai Baltik Utara. Kastil ini merupakan contoh klasik dari sebuah benteng diabad pertengahan. Pada saat perang dunia ke-2 Kastil ini sempat terbakar dan luluh lantak yang akhirnya direnovasi kembali dan pada tahun 1997 UNESCO menganugrahi kastil ini sebagai salah satu warisan budaya.

2. Mehrangarh Fort (81,227 m persegi)

Walaupun secara resmi namanya disebut sebagai benteng namun Mehrangarh Fort secara simpel dapat dikatakan sebuah kastil di India. Berlokasi disebuah bukit 122 m diatas kota, dibangun oleh Rao Jodha (1438-1488) setelah 1 tahun ia naik tahta dan memutuskan memindahkan lokasi istana kerajaannya ke Jodhpur setelah ia menganggap Mandore Fort yang telah lebih 1000 tahun menjadi lokasi istana dinasti Rathore dianggap kurang terjamin kemanannya.

Rao Jodha lalu membangun istananya diatas bukit yang dipagari oleh dinding setinggi 21 m, sementara bangunan kastil ini memiliki tinggi 36 m. Walaupun dibangun tahun 1459 M, namun bentuk kastil yang kita lihat sekarang kebanyakan berasal dari abad ke-17 M.

3. Prague Castle (66.761 m persegi)

Praque Castle atau Kastil Praha merupakan salahsatu kastil terbesar di dunia (menurut Guinness book of Record, kastil ini adalah yang terbesar di dunia), kastil ini pertama kali dibangun abad ke-9 M dan terus diperluas sesudah pembangunannya hingga terakhir kali diperluas pada pertengahan abad ke-18 M. Komplek Kastil ini sendiri didalam nya terdapat beberapa bangunan bersejarah lainnya seperti Kathedral St Vitus dan Basilica St George.

4. Windsor Castle (54,835 m persegi)

Windsor castle merupakan kastil paling terkenal dan paling besar diantara banyak kastil yang terdapat di Inggris Raya selain itu kastil ini merupakan kastil terbesar didunia yang masih dihuni hingga saat ini. Kastil ini merupakan salah satu tempat tinggal resmi dari Ratu Elizabeth II yang dalam satu tahun menghabiskan waktu beberapa minggu di kastil ini baik dalam urusan pribadi maupun urusan resmi dalam menjamu tamu kerajaan.


5. Hohensalzburg Castle (54,523 m persegi)

Hohensalzburg castle terletak di kota Salzburg, Austria, adalah salah satu kastil terbesar di Eropa yang masih terawat dengan baik.Kastil ini pertamakali dibangun pada tahun 1077 dan secara bertahap dilakukan perluasan secara signifikan antara tahun 1495-1519 hingga bentuknya dapat kita lihat seperti saat ini.


6. Spis Caslte (49,485 m persegi)

Spis Castle berlokasi dibagian paling timur, merupakan salah satu kastil tertua dari abad pertengahan di eropa tengah.Bangunan utama dari kastil ini diperkuat oleh dinding batu pada abad ke-13 M sementara itu bagian yang paling rendah dari bangunan kastil tersebut dibangun pada abad ke-15. Kastil indah ini seringkali dijadikan tempat lokasi shooting film, diantaranya adalah Dragonheart (1996) dan The Last Legion (2006).


7. Budapest Castle (44.674 m persegi)

Terletak diujung selatan Castle Hill, Budapest Hungaria, kastil ini pada abad ke-13 pertamakali diperkuat pertahanannya setelah serangan bangsa Mongol ke Budapest. Kastil ini memiliki campuran beberapa gaya arsitektur mulai dari gaya gothic hingga ke gaya Baroque, hal ini disebabkan setelah terjadi penyerangan dalam setiap periode diperbaiki berdasarkan gaya arsitektur pada zaman itu.


8. Himeji Castle (41,468 m persegi)

Himeji Castle secara umum dapat dikatakan sebagai kastil Jepang yang terindah dan salah satu dari beberapa kastil yang dapat selamat dari bencana perang saudara di Jepang, Gempa bumi maupun pemboman saat perang dunia ke-2. Pertamakali disitus ini hanyalah sebuah benteng yang dibangun pada abad ke-14 namun secara bertahap terus dikembangkan dan dibangun hingga menjadi tampak seperti sekarang ini. Komplek Kastil ini secara keseluruhan selesai dibangun pada tahun 1609M.

9. Citadel of Aleppo (39,804 m persegi)


Citadel of Aleppo merupakan salahsatu kastil tertua di bumi ini, dibangun pada millenium ke-3 SM terlatak diatas sebuah bukit yang berketinggian 50m, di Aleppo, Syria.Kastil ini sejak pertama kali berdiri seiring perjalanan zaman telah beberapa kali berpindah tangan dikuasai oleh para penakluk daerah tersebut, mulai dari bangsa Assyria, lalu Yunani, Byzantium, dinasti Ayyubi dan Mameluk. Sebagian konstruksi bangunan yang kita lihat saat ini adalah konstruksi bangunan dari abad ke-13 M. Didalam kastil tersebut terdapat taman dan juga theater, lalu throne room (ruang singgasana) dan museum.

10. Edinburgh Castle (35.737 m persegi)


Berlokasi diatas karang bekas muntahan lava vulkanik, Kastil Edinburgh menjadi icon khas kota Edinburgh di Skotlandia, berlokasi di tempat tinggi sehingga dari segala sisi kota dapat melihat kemegahan benteng yang dibangun zaman abad pertengahan ini. Edinburg merupakan kota yang didominasi oleh bangunan-bangun kuno abad ke-16, bahkan St Margaret’s Chappel dibangun pada abad ke-12.


Sumber : Yudhe

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita