128 Rabu, 31 Juli 2013 | 13:20:46

"Curch Walk Project", Empat Bangunan Dalam Satu Area Sempit

Kreativitas memungkinkan munculnya sebuah karya di luar arus utama (mainstream). Hal ini juga yang dilakukan arsitek David Mikhail dan Annalie Riches. Keduanya merancang "Church Walk Housing Project". Proyek ini merupakan empat hunian ringkas, penuh cahaya, bersirkulasi udara baik, di lokasi yang tidak ideal, tepatnya di bekas tempat pembuangan sampah di Church Walk, Stoke Newington, utara London.

Bangunan berteras yang mereka garap ini tampak seperti satu kesatuan. Sebenarnya, dalam satu bentuk masif terdapat tiga level berbeda, dengan tiga rumah dan satu apartemen. Meski dibangun di area dengan kepadatan 160 hunian per hektar, bangunan ini tampak berbeda dan cantik. Ketiga rumah di dalamnya seluas 90 meter persegi hingga 102 meter persegi, sementara apartemennya hanya 42 meter persegi.

Hebatnya, masing-masing rumah memiliki tamannya sendiri dan balkon serta teras cukup luas. Selain itu, bentuk yang menyerupai terasering (bertingkat-tingkat) membuat interaksi atau gangguan dari tetangga dapat dikurangi.

Masing-masing hunian tidak hanya memiliki jendela pada sisi vertikal dindingnya. Sinar matahari juga dapat masuk melewati bagian langit-langit rumah. Dengan kata lain, pemilik rumah dapat meminimalisasi penggunaan lampu pada siang hari, memanfaatkan kenyamanan sinar matahari, tanpa perlu kehilangan privasinya.

Dengan keterbatasan ruang yang ada, David Mikhail memperkirakan adanya keterbatasan pada tinggi masing-masing rumah. Dengan kedekatan situs pada lingkungan, artinya bangunan ini hanya akan memiliki tinggi dua meter. Bentuk geometri tanah yang aneh dapat mencegah orang lain di sekitar melihat ke dalam rumah.

Mereka juga memaksimalkan area berukuran kecil dengan menggunaan beberapa ketinggian berbeda pada plafon rumah. Ada beberapa area yang tidak membutuhkan plafon tinggi, seperti ruang keluarga dan ruang tidur. Namun, ada juga ruang lain seperti dapur dan ruang makan yang nyaman dengan plafon tinggi. Skema ini mencoba merengkuh cahaya dan pemandangan sekaligus. Situs berukuran kecil dan padat dapat menambah nilainya karena daya guna aset yang ada.


Sumber: Kompas Property

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita