258 Kamis, 17 Desember 2015 | 16:50:59

Fasilitas Perabotan Untuk Penghuni Rusunawa

Fasilitas Perabotan Untuk Penghuni Rusunawadetik

Pemerintah dalam programnya terus berupaya untuk menyediakan tempat tinggal layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sekarang ini di daerah perkotaan pun terus dibangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Pembangunan untuk rusunawa terus dibangun oleh pemerintah di sejumlah lokasi, seperti di beberapa pasar milik Pemprov DKI Jakarta (PD Pasar Jaya).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) disamping menyediakan hunian bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah juga akan memberikan fasilitas bagi penghuni rusunawa berupa perabotan dengan demikian calon penghuni rusunawa bisa langsung masuk tanpa memikirkan perabotan rumah. Rusunawa yang mendapatkan fasilitas perabotan salah satunya adalah rusunawa Rawabebek, di wilayah Cakung, Jakarta Timur.

Rusunawa Rawabebek ini akan dilengkapi dengan fasilitas perabotan berupa tempat tidur, lemari, meja beserta kursi. Pemerintah sengaja melengkapi rusunawa dengan fasilitas yang lebih mendasar agar penghuni yang menempati rusunawa tersebut  akan merasa lebih nyaman.

Menurut, Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, pemeintah disamping membangun gedung juga menyiapkan anggaran yang dipergunakan untuk furnitur dengan begitu  rusunawa yang dibangun sudah siap untuk huni.

Lahan untuk membangun rusunawa Rawabebek tersebut adalah milik Pemprov DKI Jakarta dengan luas 21 ha. Telah dibangun enam tower setinggi enam lantai. Pada setiap tower terdiri dari 125 unit kamar. Jika sudah terbangun semua rusunawa ini akan siap menampung sekitar 1.500 orang.

Rusunawa terletak di pinggir Banjir Kanal Timur. Daerah ini  berdekatan  dengan kawasan industri di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Rusunawa Rawabebek juga menyediakan unit untuk kalangan difabel pada setiap lantainya dimana masing-masing tower akan dilengkapi dengan dua unit lift, kamar mandi komunal, serta  sarana untuk ibadah.

Menariknya setiap tower diberi warna cat yang berbeda dengan tujuan untuk memudahkan penghuni dalam mengenali unitnya. Rencananya  akhir tahun ini sampai  awal tahun depan unitnya sudah  bisa diserahterimakan dan dihuni oleh para pekerja, ujar Syarif.

Sumber: housingestate    

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita