305 Selasa, 29 September 2015 | 13:15:21

Jika Dollar Capai Rp 15.000 Developer Kolaps

Jika Dollar Capai Rp 15.000 Developer KolapsProperti Net

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar membuat banyak para pengembang akan mengalami gulung tikar dan penurunan pendapatan yang cukup tinggi.

Apabila nilai tukar dollar AS semakin menguat dan  menembus nominal di angka Rp 15.000  mungkin hanyalah pengembang dengan konstruksi finansial kokoh yang mampu bertahan dari situasi yang sulit ini.

Supriantoro, Selaku Direktur Penjualan PT Nusantara Prospekindo Sukses, menuturkan pemikirannya terkait susunan aktual bisnis dan industri properti di Indonesia, hal ini di ungkapkannya usai peresmian pamer unit Oasis Cikarang yang berlokasi di Cikarang, pada  minggu (27/9/2015).

Supriantoro mengatakan, bahwa banyak yang akan gulung tikar nantinya, jika dollar AS menembus Rp 15.000. Selain itu, banyak yang akan berhenti produksi, menunda penjualan, bahkan memberlakukan diskon harga besar-besaran. Namun, hal tersebut akan semakin memburuk jika sampai nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menembus angka Rp 18.000. Semoga hal itu tidak terjadi.

Masih dalam pembahasannya, untuk batas nilai tukar dollar AS yang masih dapat di terima oleh para pengembang dan pelaku bisnis dan industri properti  adalah  diangka Rp 13.000.

Dengan nilai itu saja, sudah banyak pengembang di daerah yang tarik napas dalam-dalam, karena kepayahan membayar para kontraktor dan meraup penjualan.

Apabila rupiah semakin melemah, para pengembang sudah pasti akan mengubah strategi bisnis mereka. Misalnya adanya kerjasama dengan pihak investor asing. Membidik pasar perusahaan dan juga adanya subsidi silang.

Menurut Supriantoro, subsidi silang merupakan langkah  yang paling masuk akal, yang jalani oleh PT Nusantara Prospekindo Sukses, dimana notabene merupakan anak usaha PT Cowell Development Tbk.

Dengan bisnis yang beragam, di antaranya pertambangan, rumah sakit, serta hospitalitas, PT Cowell tidak merasa khawatir dengan kesulitan pendanaan untuk membangun proyek propertinya.

Hal tersebut dilakukannya juga dalam memenuhi komitmen kepada para konsumennya. Kami memegang komitmen untuk terus membangun produk yang telah dipasarkan dan terserap konsumen. Itu janji sekaligus komitmen kami," ucap Supriantoro.”

Untuk saat ini, PT Nusantara Prospekindo Sukses sedang memasarkan menara kedua dari Oasis Cikarang, yaitu Acacia yang jumlah unitnya sebanyak 702 unit. Untuk produk ini baru dirilis bulan lalu dengan patokan harga Rp 13,5 juta per meter persegi.

Bertepatan dengan itu, PT Nusantara Prospekindo juga akan melansir Pinewood Residences berupa rumah tapak dalam klaster khusus dengan jumlah yang terbatas yaitu 81 unit.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita