522 Kamis, 02 Juli 2015 | 14:17:21

Ribuan Hektar Lahan Dikuasai Pengembang Ciputra

Ribuan Hektar Lahan Dikuasai Pengembang Ciputramappijatim

Pendiri properti Indonesia, Ciputra. Sering terlihat dalam setiap acara selalu mengatakan, modal terpenting para developer properti adalah lahan. Siapa yang memegang banyak lahan dengan banyak cadangan yang luas, dengan begitu bisnisnya akan bertahan awet.

Perkataan dari pendiri properti Ciputra Group tersebut dijadikan pedoman oleh para pengembang atau developer properti di seluruh Indonesia. Dampaknya para-para pengembang pun berlomba memiliki banyak lahan, yang luasnya tak tanggung-tanggung, mencapai ribuan hektar.

Contohnya Sinarmas Land telah menguasai lebih dari 10.000 hektar lahan, melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk yang tersebar di Serpong, Cikarang, Cibubur, Bekasi, Jakarta, Surabaya, Batam, dan Balikpapan.

Demikian halnya dengan PT Lippo Karawaci Tbk yang mengoleksi lebih dari 1.500 hektar lahan di berbagai kota di Indonesia.

Sementara Ciputra, dalam catatan per 30 Juni 2015, menguasai 5.325 hektar. Seluas 1.538 hektar di antaranya dimiliki oleh PT Ciputra Development Tbk (CTRA) dengan nilai Rp 1,636 triliun. Sedangkan sebagian besar lainnya, 3.787 hektar dimiliki secara bersama dengan mitra strategis melalui skema kerja sama operasi (KSO).

Lahan seluas itu, menurut Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Ciputra Development Tbk, Tulus Santoso, dimanfaatkan untuk pengembangan 47 proyek yang terdapat di seluruh Indonesia.

Adapun proyek anyar yang dilansir pada tahun 2015, menurut Tulus sebanyak 12 proyek. "Tujuh di antaranya merupakan pengembangan multifungsi atau mixed use development," ungkap Tulus.

Kedua belas proyek tersebut adalah CitraGarden Hills Samarinda, CitraGarden City Malang, CitraLand Cileungsi, Fatmawati Commercial, dan CitraPlaza Kemayoran yang semuanya berada di bawah kendali CTRA.

Menyusul CitraLand Jayapura (belakangan ditunda karena teerantuk masalah perizinan), CitraLand Lampung, CitraGrand Kendari, dan Ciputra Office Tower di Ciputra World Surabaya di bawah kelolaan PT Ciputra Surya Tbk (anak usaha CTRA).

Kemudian, proyek yang dibesut PT Ciputra Property Tbk juga anak usaha CTRA, yakni The Nivata Bali, Ascott Service Residence Jakarta, dan Office Tower di Ciputra International, Puri Indah, Jakarta.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita