114 Jum'at, 27 Maret 2015 | 16:08:34

Usaha Pemerintah Menjadikan Tangerang Sebagai Smart City

Usaha Pemerintah Menjadikan Tangerang Sebagai Smart CityIlustrasi

Pemkot Tangerang saat ini sedang berusaha keras untuk menjadikan kota tersebut sebagai Smart City, dengan melakukan berbagai upaya untuk merealisasikan slogan yang ada disana yakni Tangerang Live.

Menurut Arief R Wismansyah yang merupakan wali Kota Tangerang menyatakan bahwa, konsep yang ada disana direalisasikan dengan melakukan pelayanan masyarakat yang cepat dan optimal. Yang mana hal ini dilakukan melalui program berbasis informasi, teknologi, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Demi mencapai visi tersebut, pemerintah sudah dan akan mengadakan berbagai macam program yang harus direalisasikan. Program tersebut adalah yang menghubungkan antara Pemkot Tangerang dengan masyarakat nasional maupun global.

Adapun program yang sudah mulai berjalan adalah: aplikasi Layanan Komunikasi Masyarakat (LAKSA), Tangerang Call Centre, dan 90 aplikasi untuk SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang ada dalam E- Government.

Pada bulan depan pemerintah disana berencana untuk mengadakan Festival Cisadane, festifal tersebut dibuat dengan bekerjasama dengan facebook tersebut memiliki inti acara untuk menggerakan 1.000 UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) agar memiliki akun media sosial tersebut. Sehingga para pengusaha tersebut dapat berjualan secara online.

Berbagai infrastruktur pendukung konsep smart city juga akan dibangun di Kota Tangerang, seperti kabel fiber optic di berbagai simpang jalan serta wifi di tiap sekolah dan ruang publik. Bukan hanya itu, Arief juga tengah mengembangkan berbagai program smart city yang dapat diimplementasikan di Kota Tangerang.
Beberapa program yang tengah dikembangkan disana adalah Smart Development, Smart Transportation, Smart Envision, Smart Energy, Smart Environment, Smart Social, dan Smart Survaillance. Selain itu juga akan dibuat Command Centre yang dapat berhubungan dengan Pemkot Tangerang.
Pada saat ini terdapat kendala yang cukup serius, yakni membangun pusat data yag dapat memberikan informasi dan mengelola hingga menghasilkan kebijakan- kebijakan untuk SKPD.


Sumber : Kompas

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita