250 Sabtu, 14 Maret 2015 | 11:24:52

Pemerintah Tanggapi Berita Mengenai Lamanya Proses Perizinan

Pemerintah Tanggapi Berita Mengenai Lamanya Proses Perizinan Ilustrasi

Pemberitaan mengenai proses perizinan dalam pembangunan properti yang lebih dari satu tahun disangkal oleh Dinas Penataan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Wiwit Djalu Adji yang merupakan ketua umum Kepala Bidang Pengawasan Dinas Penataan Kota Provinsi DKI Jakarta, menyatakan bahwa pembuatan perizinan seperti Sertifikat Laik Fungsi (SLF) hanya memakan waktu 60 hari. Perizinan akan keluar setelah 60 hari apabila dilampirkan dengan data yang lengkap dan tidak ada perbaikan apapun.

Proses perizinan seringkali membutuhkan waktu yang lama karena sering terjadi perbaikan pada berkas yang dilampirkan untuk membuat perizinan. Koreksi pada kelengkapan dokumen yang harus dilakukan beberapa kali, akan memakan waktu dan memperlambat proses perizinan.

Sehingga agar mendapatkan izin sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, para pengaju perizinan harus benar- benar melengkapi dokumen mereka. Jangan sampai menyerah kan berkas yang belum lengkap sesuai dengan peraturan yang ada.

Intinya dalam hal ini, harus ada kerjasama yang baik antara pengurus dan pengaju perizinan properti tersebut. Jika itu sudah terjadi maka tidak akan adalagi penguluran waktu dalam izin pembangunan properti.

Sebagai pengaju, harusnya para pengembang sudah faham syarat- syarat untuk pengajuan izin, maka pegembang harus benar- benar melengkapi data sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk pemerintah seharusnya jika sudah menerima data yang lengkap, diharapkan untuk segera memproses izin tersebut dan izin dapat dikeluakan maksimal 60 hari setelah pengajuan.

Maka dengan begitu sektor properti akan terus berkembang di Indonesia, karena dengan waktu yang konsisten dalam mengeluarkan izin pembangunan akan membuat investor asing tertarik untuk berinvestasi properti di Indonesia.

Bagi anda yang berniat untuk melancarkan proses perizinan, anda harus mengecek apakah data anda sudah benar- benar lengkap sesuai dengan yang diminta pemerintah atau belum, karena jika belum lengkap anda jangan mengharapkan izin tersebut keluar sesuai dengan yang dijanjikan oleh pemerintah.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita