513 Selasa, 24 Februari 2015 | 09:49:13

Rencana Pembangunan Tol Trans Sumatera

Rencana Pembangunan Tol Trans SumateraIlustrasi

Pembangunan infrastruktur akan berpengaruh terhadap wilayah disekitar pembangunan, hal tersebut memicu pemerintah untuk membangun Tol Trans Sumatera pada tahun 2015 ini.

Prioritas utama dalam pembanguan ini adalah daerah Lampung dan Sumatera Selatan, yang masuk dalam program percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Bernardus Djonoputro yang merupakan Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, menerangkan bahwa masa depan Indonesia akan ada di kawasan timur dengan Sulawesi sebagai koordinat sentranya.

Hal tersebut dilihat dari pertumbuhan yang sangat signifikan pada kota- kota yang ada disana seperti Makassar, Manado, Maros, Bitung, dan lain sebagainya. Kota- kota tersebut akan menjadi bintang terang Sulawesi sebagai pulau masa depan Indonesia.

Makassar merupakan kota metropolitan utama dikawasan Timur Indonesia. Kota ini menjadi salah satu yang tingkat kenyamanan kotanya diatas rata-rata kota lain di Indonesia berdasarkan Indonesia Most Livable City Index 2014 yang dilansir Ikaran Ahli Perencanaan.

Agar pembangunan ini dapat berjalan dengan baik, perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Begitu juga dengan pembangunan yang akan dimulai dari koridor Sumatera.

Tol Trans Sumatera ini akan dibangun 4 ruas, yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, Riau-Dumai, dan Medan-Binjai. Biaya yang dianggarkan untuk pembangunan tersebut adalah sebesar Rp 290 triliun, dana tersebut berasal dari Penyertaan Modal Negara (PNM) yang telah disetujui DPR.

Semakin cepat Presiden menandatangani proyek pembangunan tersebut, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia di Sumatera akan lebih cepat. Sehingga warga sekitar akan lebih sejahtera kehidupannya.

Instuisi yang akan melakukan koordinasi dalam percepatan pembangunan ini adalah : Kementrian PUPR, Kementrian Agraria dan Tata Ruang/  Badan Pertahanan Nasional, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah Lampung, serta Pemerintah Daerah Sumatera Selatan.

Pembangunan Tol ini akan dipimpin oleh perusahaan konstruksi BUMN, Hutama Karya. Perusahaan lain yang ikut mendukung pembangunan infrastruktur ini adalah Jasa Marga, Waskita, Wijaya Karya, Brantas, dan Adhi Karya akan disinergisasikan untuk menyukseskan pembangunan empat ruas tersebut.

Semoga Presiden segera menandatangani proyek tersebut, sehingga pembangunan akan cepat direalisasikan.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita