445 Senin, 23 Februari 2015 | 09:16:28

Penyebab Naiknya Harga Rumah

Penyebab Naiknya Harga RumahIlustrasi

Pertambahan penduduk yang semakin meningkat, membuat kebutuhan akan tempat tinggal semakin tinggi. Tidak hanya itu, banyaknya investor juga menyebabkan permintaan terhadap rumah juga semakin bertambah.

Permintaan yang tinggi juga diiringi dengan harga rumah yang semakin lama semakin naik, ada beberapa hal yang menyebabkan harga rumah naik diantaranya adalah :

  • Mekanisme pasar, hal ini menyebabkan harga rumah melonjak. Banyaknya permintaan dan terbatasnya pembangunan menyebabkan harga jual kian meroket.
  • Biaya yang semakin tinggi, yaitu termasuk biaya pajak, perizinan, dan promosi yang semakin lama semakin meningkat sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Hal tersebut menyebabkan harga jual rumah terus meningkat.

      Dalam mengurus perizinan saat ini, pengembang memerlukan biaya yang cukup           tinggi. Karena pemerintah menaikkan harga dalam pengurusan tersebut, peraturan       yang dikeluarkan BPN pun berpengaruh terhadap biaya perizinan. Belum lagi biaya        yang harus dikeluarkan oleh pengembang kepada pemerintah daerah setempat.

  • Biaya produksi, pada saat ini biaya produksi sebesar 70% dari harga jual sehingga hal ini menyebabkan harga jual melejit. Tingginya harga barang bangunan saat ini menjadi alasan utamanya, terutama pada daerah yang sulit mendapatkan barang mentah produksi.

Hal tersebut diatas merupakan alasan mengapa harga rumah kian melejit, untuk mengatasi hal tersebut harus ada campur tangan pemerintah pusat, daerah, dan kabupaten agar harga rumah tetap kompetitif.

Kerjasama pemerintah dapat dilakukan dengan cara melakukan intervensi, sehingga mereka yang menyediakan lahan mentah dengan harga yang murah.

Bantuan pemerintah dalam menyediakan infrastruktur tersebut akan menyebabkan pengembang memberikan harga yang kompetitif terhadap konsumen.

Kerjasama yang baik akan membuat harga rumah tidak terlalu tinggi, sehingga diharapkan kepada pemerintah dan para pengembang dapat menjalin kerjasama yang baik.

Jika kerjasama tersebut tidak dapat dilakukan, maka akan sulit bagi pengembang untuk menurunkan harga jual rumah yang mereka pasarkan. Karena saat ini harga tanah sudah sangat mahal, ditambah dengan bahan bangunan yang harganya makin meroket terutama pada daerah- daerah yang sulit dalam mengahasilkan barang mentah produksi tersebut.

 

Sumbar : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita