396 Selasa, 17 Februari 2015 | 09:49:58

Pengaruh Toll JORR Terhadap Bisnis Properti

Pengaruh Toll JORR Terhadap Bisnis PropertiIlustrasi

Sektor properti di Indonesia merupakan sektor yang lebih berkembang dibandingkan dengan sektor  lainnya, hal ini terjadi karena adanya minat yang besar baik dari investor lokal maupun investor asing.

Prospek yang cukup bagus untuk terus dipasarkan dan akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pemerintah sangat mendukung sektor ini, dengan membangun infrastruktur tol lingkar luar Jakarta. Dengan adanya pembangunan Jakarta Outer Ring Road berdampak positif terhadap penggerak pengembangan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Amran Nukman yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Daerah Realestate Indonesia, menerangkan bahwa dengan adanya Tol JORR para pengembang seharusnya lebih memanfaatkan infrastruktur tersebut.

Pada Indonesia Properti Expo yang di gelar di Jakarta Convention Centre, beliau menjelaskan bahwa sepanjang tol tersebut telah banyak dibangun hunian dan perkantoran. Selain itu seharusnya juga dibangun fasilitas pendukung seperti pusat ritel- ritel baru.

Harapan beliau terhadap pemerintah adalah, agar memperbanyak transportasi yang mengakses area tersebut sehingga pertumbuhan ekonomi disana semakin cepat.

Hal tersebut membutuhkan dukungan dan keseriusan pemerintah. Untuk penataan ruang diharapkan agar pemerintah tidak mengambil keputusan sepihak dalam pembangunannya, karena pemerintah sering melakukan hal tersebut.

Masalah yang beragam terjadi di ibukota ini, untuk itu kita harus memiliki pemecahannya. Dengan cara membuat perencanaan dan pengisian tata ruang harus melibatkan seluruh pemegang kebijakan, sehingga tidak ada lagi masalah yang dapat merugikan pengembang.

Keadaan yang selama ini terjadi, pemerintah tidak pernah melibatkan REI yang merupakan asosiasi pengembang dan pemegang kebijakan. Hal tersebut menyebabkan keputusan mengenai tata ruang yang dikeluarkan pemerintah secara sepihak, tidak bisa berjalan dengan baik.

Jika pemerintah mau melibatkan REI dalam mengambil keputusan, maka REI akan memberikan masukan yang juga bisa mengembangkan tata ruang yang ada.

Masalah yang saat ini sedang terjadi adalah tidak meratanya pengisian tata ruang untuk pusat ritel, dengan keadaan seperti itu menyebabkan kemacetan bertambah parah di Jakarta.

Solusi dalam masalah tersebut adalah harus ada pemerataan dalam tata ruang yang disediakan untuk lahan pusat ritel.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita