553 Kamis, 08 Januari 2015 | 16:57:28

Pembangunan apartemen di Cinere dianggap tidak memiliki Izin

Pembangunan apartemen di Cinere dianggap tidak memiliki Izin Cinere Terrace Suites di pameran properti - rumah1

Pembangunan Apartemen Cinere terrace suites dan Cinere Bellevue Mall mendapat pertentangan dari warga karena dianggap belum melengkapi perizinan seperti izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Warga merasa pembangunan proyek tersebut dilakukan tanpa izin dari warga sekitar lokasi pembangunan.

Ketua RT 3/4, Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere, Depok mengatakan bahwa pembangunan apartemen dan mal yang dilakukan sejak 2012 lalu pihaknya tidak mendapat pemberitahuan atu permohonan dari pengembang untuk mendapatkan izin warga. Padahal syarat izin warga adalah syarat untuk penerbitan Amdal dan kemudian menjadi syarat adanya IMB (Rabu, 07/01).

Salah seorang warga, Peter juga mengatakan bahwa penjualan unit apartemen dianggap ilegal karena melanggar Undang-Undang No 20/2011 tentang rumah susun atau apartemen. Menurutnya, di pasal 42 undang-undang tersebut, pengembang boleh menjual apartemen sebelum pembangunan dilakukan namun harus memiliki kepastian peruntukan ruang, kepastian hak atas tanah, kepastian status penguasaan rumah susun atau apartemen, perizinan pembangunan rumah susun atau apartemen serta jaminan pembangunan rumah susun dari lembaga penjamin.

Untuk Apartemen Terrace Suites, Peter mengatakan perizinan Amdal dan IMB masih dalam proses di BLH Depok dan Distarkim. "Tetapi mereka sudah menjual beberapa unit apartemen ke konsumen" kata Peter. Peter juga menjelaskan kalau kesepakatan yang dimiliki pengembang adalah dengan warga RW 05, sedangkan warga RW 04 merasa tidak dilibatkan dalam pembangunannya.

Dari pihak pengembang, yaitu PT Megapolitan Development meragukan jika warga yang mengaku tidak dilibatkan adalah benar-benar warga sekitar yang terdampak atas proyek pembangunan. Proses perizinan Amdal sendiri sedang dalam proses dan berjalan baik, tidak ada kendala. Demikian dijelaskan oleh Legal Corporate PT Megapolitan Development, Jeremia Napitupulu pada hari rabu (07/01).

Apartemen Cinere Terrace dan Mall Cinere Belluvue Mall adalah proyek yang dikembangkan oleh PT Megapolitan Developments sejak 2012. Penjualan apartemen dikabarkan telah dilakukan sejak awal tahun lalu.

Sumber : Wartakota

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita