386 Selasa, 11 November 2014 | 16:03:43

Bandung masih cemerlang bagi bisnis perhotelan

Bandung masih cemerlang bagi bisnis perhotelankota bandung - travelblog

Kota Bandung masih dianggap daerah potensial dalam bisnis perhotelan. Bahkan Grup Hotel Dafams sedang membangun lima hotel baru di kota ini, dan menargetkan kota kembang dalam beberapa tahun ke depan.

Walaupun rata-rata okupansi hotel di Bandung masih dibawah lima puluh persen, Irawan Trimulia, GM Vio Hotel Indonesia dari Grup Dafam optimis Kota Bandung sebagai kota wisata memiliki potensi besar bagi bisnis perhotelan. Tingkat okupansi di Bandung dinilai cukup rendah, namun dalam momen-momen khusus okupansi bisa melebihai kapasitas.

Kondisi bisnis perhotelan Bandung kini mengalami persaingan yang semakin ketat. Keberadaan alternatif tempat inap seperti apartemen, rumah kos, dan rumah singgah cukup mengganggu bisnis perhotelan di Bandung. Apalagi mereka bisa memberikan harga yang miring. Namun kenyataannya adalah banyak saja tamu yang masih memilih hotel dengan fasilitas-fasilitas dan layanan hotel.

Dari General Manager d'best hotel Bandung, Endro Sulaksono mengatakan, Grup Dafam memiliki belasan hotel yang beroperasi di Indonesia. Dan paling banyak beroperasi di daerah Bandung.

Senada dengan Irawan Trimulia, Endro menganggap Bandung sebagai kota dengan potensi wisata dan kreatifitas budaya yang baik. Berbagai gelaran juga mampu menggenjot okupansi hotel di kota ini, seperti PON 2016, hajatan di kabupaten. Artinya kota Bandung masih memiliki prospek yang cerah.

BPS Jawa Barat mencatat rata-rata Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel di Jawa Barat September 2014 mencapai hanya 42,52 persen atau naik 0,78 poin dibandingkan Agustus 2014. Namun lebih rendah jika dibandingkan Year On Year (YOY) atau September 2013, dengan indeks 43,19.

Kemudian jumlah hotel di jawa Barat terus tumbuh dan saat ini mencapai 1.700 unit usaha dengan jumlah kamar lebih dari 2.000. Dari kunjungan wisatawan mancanegara juga mengalami kenaikan cukup tinggi, yaitu 33,41 persen, dari 10.545 orang pada Agustus menjadi 14.068 orang pada September.

Sumber : Pikiran Rakyat

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita