1292 Selasa, 21 Oktober 2014 | 18:07:04

Apartemen Green Bay Pluit Tidak Miring

Apartemen Green Bay Pluit Tidak Miringjakarta apartement

Halim Kusuma selaku Chief Executive Officer (CEO) PT Kencana Unggul Sukses mengatakan, Apartemen Green Bay Pluit tidak mengalami kemiringan. “Berita tersebut tidak benar, jika ada yang mengatakan apartemen Green Bay miring hingga 2 derajat apalagi sampai 16 derajat,” ucap Halim.

Halim berpendapat, dengan kemiringan 16 derajat tentunya akan terlihat dengan jelas. “Menara Pisa di Negara Italia saja, yang hanya miring 4 derajat saja, sangat terlihat jelas kemiringannya,” Halim menambahkan.

Tidak cuma itu, halim juga berpendapat berita yang mengabarkan bahwa kompleks apartemen Green Bay Pluit dibangun di atas tanah reklamasi dengan luas 25 hekatre dengan jumlah tower 18 buah, tidaklah benar. “Kenyataan sebenarnya, Green Bay Pluit tidak didirikan di atas reklamasi dan luas lahannya pun hanya 12,3 hektare dengan jumlah tower sebanyak 12,” ujar Halim.

Halim meyakinkan, apartemennya dibangun di tepi pantai dan bukan di atas tanah reklamasi. “Mungkin karena letaknya persisi di pinggir pantau, sehingga ada yang menghubungkan dengan tanah reklamasi,” ucap Halim. Halim berpendapat, mengenai kemiringan bangunan ada aturan atau rule of thumb yang menjadi landasannya.

“Apabila hanya miring sebesar 0,04 derajat, masih dapat ditoleransi,” kata Halim. Mengenai penurunan pada bangunan tinggi di atas lahan dengan tingkat penurunan atau settlement seperti di Jakarta masih sangat umum, menurut Halim.

Dari berbagai pemberitaan yang mengutip dari banyak narasumber ahli, terbukti bahwa Jakarta adalah kota yang cukup tingkat settlement.

Berdasarkan peninjauan yang dilakukan oleh Prof Dr Hasanudin Z Abidin, yang merupakan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), penurunan tanah yang dialami Jakarta sejak tahun 1997 hingga 2011 berkisar antara 1 hingga 15 centimeter per tahun, dan pada tempat tertentu seperti di wilayah Jakarta Utara dapat mencapai 28 centimeter per tahun.

Sumber : suara pembaruan

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita