348 Senin, 20 Oktober 2014 | 13:59:50

Ekspansi BUMN merambah sektor Properti

Ekspansi BUMN merambah sektor Propertiilustrasi proyek properti

Menariknya pertumbuhan sektor properti membuat berbagai kalangan melakukan diversivikasi ke dalam bisnis tersebut. Para pemain baru pun bermunculan, atau mereka yang berekspansi ke dalamnya.

Ekspansi tersebut seperti dari sektor konstruksi, pertambangan, infrastruktur  bahkan BUMN juga diarahkan juga untuk mencoba peruntungannya disektor ini. Perusahaan BUMN tersebut diarahkan oleh Menteri Dahlan Iskan untuk mengoptimalkan aset mereka.

Seperti yang diinvestasikan oleh tiga perusahaan BUMN PT Adhi Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk dan PT Timah Tbk. Ketiga Perusahaan tersebut sepakat mendirikan Joint Venture di Bidang Properti. Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswodarmawan mengatakan PT Timah yang memiliki saham paling besar, sebanyak 40 persen, sisanya oleh Adhi Karya dan Wijaya Karya. Demikian dikatakannya di Jakarta, Senin (20/10).

Proyek properti yang digarap oleh perusahaan patungan tersebut adalah proyek mixed use dengan konsep one stop living in Bekasi, Jawa Barat. Proyek ini dibangun di aset milik PT Timah seluas 176 hektar pada 2015.

Selain itu, Perusahaan pengembang Jalan Tol PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana akan menggejot pendapatannya dari sektor Non Tol. Diversivikasi yang direncanakan adalah pada sektor Properti. Kontribusi dari sektor ini diharapkan mampu memberikan pendapatan sebesar 15 persen.

Walaupun demikian, PT Jasa marga masih menganggarkan dibawah 10 persen dari Capital Expenditurenya. Capex 2015 dianggarkan sebanyak Rp 5 triliun, lebih rendah dari tahun 2014. Minimnya dana investasi properti tersebut diakui David Wijayatno, Coporate Secretary Jasa Marga, perusahaan masih belum berpengalaman di sektor properti.

David juga mengatakan Jasa Marga masih akan fokus dalam bisnis proyek Jalan Tol walau melakukan diversivikasi ke Properti. Saat ini ada sebanyak sembilan ruas jalan tol yang sedang dilaksanakan oleh PT Jasa Marga.

Sumber : Metrotvnews, Neraca

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita