205 Kamis, 14 Agustus 2014 | 10:06:56

Investor China Tertarik Kembangkan Rusunami di Tangerang

Investor China Tertarik Kembangkan Rusunami di Tangerangrumahjabodetabek

Perusahaan asal China tergiur untuk mengembangkan perumahan di tengah kota Jabodetabek.  Perusahaan tersebut ialah China Metallurgical Group Corporation Overseas Company, rencananya mereka akan bekerja sama dengan Perumnas untuk proyek tersebut. Pembangunan di daerah yang tidak diperhitungkan menarik oleh investor China. Alasannya karena pembangunan di daerah dapat dilakukan secara mandiri tanpa campur tangan investor asing.

Adapun, maksud dari rencana kerja sama ini ialah untuk menciptakan tempat tinggal sederhana yang terjangkau bagi para masyarakat menengah ke bawah dengan memaksimalkan inovasi dan teknologi dari negara lain yang belum dimiliki Indonesia.

Himawan Arief selaku Direktur Utama Perum Perumnas menyatakan bahwa pihak China Metallurgical telah mengeluarkan  pinjaman modal sebesar Rp 2,7 trilun untuk pembangunan kota Maja, Parung Panjang dan Tenjo. Tetapi saat ini belum dilakukan langkah eksekusi, masih berkutat pada tahap pembahasan.

Agenda awal dalam diskuksi antara Perumnas dan investor China pada akhir tahun 2013 lalu, lebih memfokuskan pada pengembangan rumah susun sederhana milik atau rusunami di tengah kota.

Tetapi, setelah dipertimbangkan dengan pihak Kemenpera, pembangunan kota baru di kawasan Tangerang akan dikembangkan sistem mix-used.

"Pemukiman akan dibangun dengan design tematik apakah kota industri atau pariwisata tergantung ekonomic base nya. Setelah itu baru dibangun rumah tapak dan rusun," ujar Himawan.

Ia meneruskan, supaya masing-masing negara dapat memperoleh keuntungan, butuh dilakukan perhitungan secara mendetail baik soal keberadaan lahan, besaran biaya, strategi pembiayaan, sampai jenis teknologi yang akan digunakan.

"Kami nilai apakah kerja sama ini menguntungkan semua pihak. Kalau bisa dikerjakan sendiri, ya dikerjakan sendiri. Kalau lebih menguntungkan, akan kami tindak lanjuti," tutupnya.

 

 

Sumber: Bisnis

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita