34 Kamis, 17 Juli 2014 | 13:44:43

Kondominium Sewa Penuhi Jakarta Tahun Ini

Kondominium Sewa Penuhi Jakarta Tahun Inicaturbmp

Pasar properti di Indonesia khususnya Jakarta terbilang masih menarik dan menguntungkan. Hal ini dapat dirasakan, sepanjang tahun 2014, sekitar 13.800 unit kondominium sewa dimantapkan akan penuhi Ibukota negara ini. Sampai kuartal II 2014, jumlah kondominium yang telah dibangun di Jakarta sebanyak 50.458 unit. Jumlah ini dicapai setelah mengalami kenaikan sebesar 0,9 persen dalam semester awal 2014.

"Proyek-proyek kondominium sewa yang selesai pada kuartal ini adalah Skylounge Tamansari, Skyline Apartment dan Puri Park Residence," ujar Head of Research & Advisory PT Cushman & Wakefield, Arief Rahardjo di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Tidak hanya berhenti disitu, sebanyak 13.800 unit kondominium sewa baru juga akan usai didirikan hingga akhir 2014 ini. Selain kondominium, jumlah apartemen sewa juga mengalami sedikit peningkatan sebesar 0,8 persen dibanding kuartal I 2013.

Sedangkan, tidak ada penambahan apartemen sewa dan servis sepanjang kuartal II. Walaupun begitu, datangnya sejumlah ekspatriat perusahaan asing berguna menambah tingkat huni apartemen sewa di Jakarta menjadi 65,2 persen, yaitu meningkat sebanyak 1,1 persen.

Sampai saat ini, Arif menilai pelemahan rupiah berpengaruh pada harga apartemen dan kondominium sewa. Ada penurunan harga kondominium sewa sebesar 3,5 persen dibanding kuartal I menjadi US$ 18,4 atau sekitar Rp 215 ribu per meter persegi.

Dalam periode waktu yang sama, harga sewa apartemen servis juga mendapati penurunan sebesar 1,1 persen ke harga US$ 28,7 per meter persegi, dan apartemen khusus sewa menurun 0,1 persen menjadi US$ 18 per meter persegi.

Untuk tambahan informasi, kondominium dan apartemen tidak memiliki perbedaan yang signifikan selain pada kepemilikannya. Dua-duanya merupakan bangunan hunian vertikal. Perbedaannya adalah, apartemen dibeli untuk menjadi milik pribadi dan tempat tinggal pribadi. Sedangkan, kondominium dibeli untuk disewakan.

 

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita