974 Rabu, 02 Juli 2014 | 12:43:50

Fenomena Calon Metropolitan Kota Balikpapan

Fenomena Calon Metropolitan Kota BalikpapanKota Balikpapan - Yudhisti

Fenomena Kota Balikpapan yang semakin berkembang menjadi kota metropolitan di Kalimantan timur akan menjadi nyata. Pertumbuhan kepadatan penduduk yang semakin pesat memberi dampak kepada pergerakan bisnis properti yang semakin tinggi.

Berbagai bukti yang menunjukkan Balikpapan akan bertransformasi menjadi kota metropolitan juga semakin nampak, seperti bandar udara yang luas dan padat, hotel berbintang yang tumbuh, hunian eksklusif dengan cluster mewah tersebar.

Baru-baru ini sebuah apartemen di Balikpapan membuka penjualan tahap dua unitnya, setelah tahap pertama sold out sebanyak 45 unit dari yang ditargetkan 40 unit. Apartemen Tower Western Jardin 8 Resort Residences ini akan menyiapkan 120 unit dan akan selesai pada tahun 2017. PT Gemilang Sukses Sejati selaku pengembang dari apartemen ini juga mengklaim bahwa nilai investasinya cukup menggiurkan, yakni pada kisaran 10-15 persen.

Dilansir dari catatan Trias Chahyo, redaksi Kaltim Post mengatakan bahwa setidaknya ada belasan developer yang telah meramaikan persaingan di pasar bisnis apartemen di Balikpapan.

Diawali dari developer PT Helindo Bangunraya Sejahtera dengan apartemen Aston Grand Sudirman, dan PT Wulandari Bangun Laksana dengan Tower Ruby. Setelah melihat kesuksesan mereka, berbondong-bondong investor properti lain melihat potensi balikpapan.

Saat ini developer yang tengah membangun hunian kelas menengah tersebut seperti Agung Podomoro Land, membangun apartemen di kawasan bisnis Borneo Bay. Di jalan Jendral Sudirman ada Pentapolis yang terdiri dari 5 tower. 400 unit apartemen dibangun dan digabungkan dengan Mal Pentacity.
Kemudian di Jalan Pelita Sepinggan Raya dengan 721 unit kamar, Batakan Height Residence di Jalan Mulawarman, PT Cowell Development juga ikut mengembangkan apartemen setinggi 15 lantai.

Itu baru di Balikpapan timur, ternyata di wilayah lain ada developer yang saat ini membangun supermal, hotel, dan pusat perkantoran seperti Salim Grup, Ciputra Group, PT Nara Putra Sejati, Mitra Gemilang Mahakarya, PT Hasta Kreasi mandiri.

Perkembangan balikpapan ini menurut Center Director CBD Balikpapan PT Mitra Gemilang Mahacipta, Ihya Nasution banyaknya industri tambang dan batu bara mampu memicu pertumbuhan jumlah pendatang.Sehingga menuai dampak positif terhadap permintaan properti di wilayah tersebut. (22/06)

Sumber : Kaltimpos

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita