300 Jum'at, 13 Juni 2014 | 14:26:23

Bintaro Jaya Maksimalkan Transportasi Publik

Bintaro Jaya Maksimalkan Transportasi Publik

PT Jaya Real Property (JRP) Tbk, pengembang Bintaro Jaya memiliki konsep kota masa depan yang mengusung moda transportasi umum sebagai pilihan berakomodasi, konsep ini disebut transit oriented development (TOD). Konsep ini dipilih karena kota masa depan bukan berbasis kendaraan pribadi melainkan memaksimalkan kegunaan transportasi publik.  


Demi terealisasinya konsep kota masa depan tersebut, Bintaro Jaya membuat jalur pedestrian serta bike path. Pembangunan ini sudah selesai di tahap pertama, dari kawasan Emerald menuju Stasiun Jurangmangu yang jaraknya sekitar 6 km (10 km PP). Bike path dibangun lebih tinggi dan terpisah dari jalan raya agar aman bagi penggunannya. Pembangunan jalur pedestrian dan bike path ini sudah menghabiskan dana sebesar Rp17 miliar.


“Nanti pada 15 Juni akan dilakukan peresmian oleh Walikota Tangerang Selatan Ibu Airin Rahmi Diani,” ujar Micheal Toar, Ketua Panitia HUT Bintaro Jaya 2014, usai melakukan uji coba jalur pejalan kaki dan sepeda ini.


Proyek ini membuat PT Jaya Real Property (JRP) Tbk, pengembang Bintaro Jaya melakukan MOU pada beberapa pihak yang sekiranya terkait dengan proyek ini. Beberapa pihak tersebut, yaitu Jasa Marga yang nantinya akan melebarkan jembatan di atas jalan tol. Lalu PT. KAI yang akan melakukan revitalisasi stasiun Jurangmangu di tahun 2015. Pemkot Tangerang juga ikut berperan untuk melebarkan jalan di Tegal Rotan depan stasiun yang pengerjaannya tengah berlangsung. Bintaro Jaya sendiri akan membuat underpass yang kini telah beroprasi.  


Program ini tentu saja melatih masyarakat untuk menggunakan transportasi publik yang kalau responnya bagus, akan mengurangi tingkat kemacetan. Bintaro Jaya sendiri saat ini sudah mengoperasikan bus internal , yaitu Intrans Bintaro tanpa pungutan biaya. Intrans Bintaro akan mengantar warga dari klaster hunian ke stasiun. Jam operasi Intrans Bintaro mulai pukul 05.20 sampai dengan pukul 22.00.


Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita