158 Kamis, 22 Mei 2014 | 14:51:00

Pelepasan Saham MAP

Pelepasan Saham MAP

PT Mitra Adiperkasa Tbk, salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia, telah melepaskan sebagian kepemilikan sahamnya di Domino's Pizza dan Burger King. Pelepasan saham dari dua merek dagang asal Amerika Serikat ini juga bukan tanpa alasan. Selain alasan efesiensi, kedua merek dagang ini juga belum mampu memberikan keuntungan yang memadai bagi MAP.

Di India, gerai Domino's Pizza mencapai 150 gerai sedangkan MAP baru mengoperasikan 60 gerai, sementara itu gerai Burger King di India mencapai 60 gerai sedangkan MAP hanya mengoeprasikan 47 gerai saja.

Burger King yang beroperasi sejak tahun 2006 dan Domino's Pizza di tahun 2007 hanya mampu menyumbang  20 persen-25 persen untuk kategori food & beverage. Tentu saja tidak sebanding dengan pencapaian Starbuck yang berada di angka 50 persen.

MAP melepas 51 persen saham Domino's Pizza kepada Everstone Capital, perusahaan yang didirikan oleh Atul Kapur dan Sameer Sain pada tahun 2006, dengan dana kelolaan perusahaan sebesar USD 2 miliar.

Everstone Capital merupakan private equity yang banyak mendanai sektor real estat yang memiliki kantor di tiga negara, yakni Mauritius, Singapura, dan India.

MAP masih enggan mengungkapkan pembeli Burger King.

"Kami masih melakukan pembicaraan secara intensif dengan mitra," kilah Susiana Latif. selaku Direktur Mitra Adiperkasa

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita