438 Jum'at, 16 Mei 2014 | 17:35:13

Posisi 3 Besar Pengembang Properti di Indonesia

Posisi 3 Besar Pengembang Properti di Indonesia

Gurihnya bisnis properti menjadikan bisnis ini tidak pernah sepi dari peminat. Munculnya para pemain baru menambah warna bagi persaingan di sektor ini. Meski begitu, kepiawaian para pengembang besar yang  sudah lama berkecimpung juga tak bisa dipungkiri. Hal itu dapat terlihat dari posisi 3 teratas yang ditempati oleh para pengembang besar ini :

PT Bumi Serpong Damai Tbk
BSD masih menduduki posisi teratas dengan nilai kapitalisasi Rp 27,9 triliun. Saat ini BSD juga merambah ke kota di luar Jakarta seperti Balikpapan, Surabaya, Bekasi, dan Cikarang.

PT Lippo Karawaci Tbk
Lippo berada di bawah BSD dengan nilai kapitalisasi Rp 26,07 triliun. Saat ini Lippo memang mengkhususkan diri pada properti komersial di Medan, Palembang, Padang, Manado, Semarang, Surabaya, Makassar, dan beberapa kota lapis kedua lainnya di seluruh Indonesia.

PT Pakuwon Jati Tbk
Pakuwon yang selalu berada di posisi keempat, saat ini mengalahkan para pesaingnya, PT Ciputra Development Tbk dan PT Summarecon Agung  Tbk yang mencatat kapitalisasi pasar masing-masing sebesar  Rp 16,9 triliun dan  Rp 18,3 triliun. Pakuwon masih berkonsentrasi pada proyek di Jakarta serta greater area Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Ceruk pasarnya luas, dan merupakan captive market kami. Sementara Surabaya, barat dan timur, belum habis dieksplorasi. Kami akan memanfaatkan pasar yang ada di depan mata dulu dengan mengembangkan lahan-lahan yang sudah dimiliki," jelas Minarto Basuki, Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Pakuwon Jati Tbk, Rabu (14/5/2014).

Saat ini Pakuwon tengah menggarap konstruksi Superblok Kota Kasablanka tahap II yang terdiri atas kondominium dan perkantoran dan hotel bintang lima di superblok Gandaria City  serta beberapa proyek di Surabaya seperti megaproyek Superblok Tunjungan City tahap V dan VI, yang terdiri atas dua pusat belanja, dua mal ritel, dua menara kondominium, dua menara kantor, dan hotel bintang empat; Pakuwon City, Surabaya Timur, juga sedang dibangun empat menara kondominium Edu City dan akan diluncurkan klaster hunian baru, Grand Island dan residential township Grand Pakuwon yang baru di kawasan Surabaya Barat.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita