238 Jum'at, 21 Februari 2014 | 11:38:52

Permintaan Meningkat, Pengembang Bangun Pergudangan Modern

Permintaan Meningkat, Pengembang Bangun Pergudangan Modern

Meningkatnya permintaan fasilitas logistik, mestimulasi sejumlah pengembang merancang pembangunan pergudangan modern. Permintaan pergudangan modern tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan yang sudah beroperasi dan melakukan ekspansi di kawasan-kawasan industri Bekasi, dan Karawang, maupun perusahaan multinasional yang baru masuk pasar Indonesia. Mereka bergerak di sektor industri manufaktur, otomotif dan kebutuhan rumah tangga.

Senior Associate Director Industrial Services Colliers International Indonesia, Rivan Munansa, mengungkapkan hal tersebut, Kamis (20/2/2014).

Menurutnya, sejumlah pengembang tertarik melengkapi kawasan industri yang dibangunnya dengan fitur pergudangan modern. Pengembang tersebut di antaranya adalah PT Suryacipta Semesta Internusa Tbk., pemilik Kawasan Industri Surya Cipta, PT Megalopolis Manunggal Industrial Development (MMID) pengembang MM2100, dan Sinarmas Land Group yang membangun Karawang International Industrial City (KIIC).

"Ketiganya berencana membangun warehouse tahun ini dan mengoperasikannya tahun depan. Mereka tertarik menyediakan fitur tersebut, seiring dengan tingginya requirement dari penyewa (anchor) yang tentu saja membutuhkan fasilitas logistik," papar Rivan.

Selain dari perusahaan manufaktur, otomotif dan kebutuhan rumah tangga, menurut Rivan, banyak juga perusahaan asing dengan bidang spesifik logistik yang meminati pergudangan tersebut. Terutama perusahaan logistik asal Jepang.

"Ada pun harga perdana fasilitas pergudangan yang ditawarkan mencapai rerata 5 dollar AS (Rp 59.000) per meter persegi, di luar biaya perawatan. Namun, biasanya bila penawaran dilakukan dalam satu paket dan dalam ukuran besar, harga tersebut sudah termasuk biaya perawatan," imbuh Rivan.

Untuk diketahui, PT Surya Semesta Internusa Tbk yang mengoperasikan Kawasan Industri Surya Cipta telah menyiapkan dana Rp 700 miliar guna membiayai pembangunan Suryacipta Technopark seluas 22 hektar. Taman tekno ini merupakan perluasan Kawasan Industri Surya Cipta dengan dimensi lahan total 1.400 hektar.

Suryacipta Technopark mencakup pergudangan dan pabrik modern yang dilengkapi fasilitas keamanan berstandar internasional selama 24 jam, kamera CCTV, kartu kendali otomatis dan utilitas bawah tanah.

Pengembang ini menargetkan pembangunan Suryacipta Technopark selesai pada tahun 2015 mendatang.

Sementara untuk proyek pergudangan lainnya yang dikembangkan MMID dan Sinarmas Land Group, Rivan tak bersedia menjelaskan lebih detail.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita