375 Jum'at, 17 Januari 2014 | 13:22:09

Balikpapan Pun Ikutan 'Kebanjiran'

Balikpapan Pun Ikutan 'Kebanjiran'

Balikpapan kebanjiran di pasokan proyek properti, itu baru terjadi sejak beberapa tahun belakangan. Puluhan proyek properti bermunculan di setiap sudut kota, bahkan meluber hingga ke pinggiran kota. Balikpapan tak ubahnya seperti supermarket proyek properti. Kaum berduit tinggal memilih, apakah mau membeli yang harga per unitnya ratusan juta rupiah atau miliaran rupiah. Ya, dalam 5 tahun belakangan, pasar Balikpapan memang diguyur pasokan proyek properti. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, puluhan ribu unit!

Tercatat setidaknya sekitar 16 proyek baru dalam tahap kontruksi hadir di kota Balikpapan. Diharapkan dengan ‘berjubel’ proyek-proyek properti di Balikpapan maka konsumen bisa memiliki pilihan proyek properti yang baik.

Dengan tingginya pendapatan per kapita masyarakat Balikpapan mencapai US$ 4.000 per orang per tahun atau di atas pendapatan per kapita Indonesia yang hanya US$ 3.000. Ditambah dengan faktor infrastruktur dan aksesibilitas yang baik, kota dengan seluas 503 km2 itu cukup marak pembangunan properti baru.

Seperti yang pernah diucapkan oleh Indra W. Antono, Vice President Corporate Marketing Agung Podomoro Land, sebagai kota minyak di Kalimantan, Balikpapan menjadi kota yang menjanjikan di luar Pulau Jawa setelah Bali.

“Balikpapan memiliki infrastruktur dan aksesibilitas yang baik. Ditambah hadirnya bandara udara internasional menjadikannya makin dilirik banyak pengembang,” jelasnya beberapa waktu yang lalu.

Sebut saja, PT Mitra Gemilang Mahakarya (MGM Land) dengan mengembangkan CBD Balikpapan dengan total lahan 10 hektar yang nantinya berdiri apartemen, apartemen servis, pusat belanja, perkantoran, hotel, rumah bandar (town house) dan taman perkantoran (business park).

Lalu Agung Podomoro Land melalui PT Pandega Citraniaga dengan proyek Borneo Bay Residences. Nantinya proyek yang terletak di kawasan The Plaza Balikpapan dengan pengembangan The Plaza Balikpapan & Plaza Balikpapan Trade Center mencapai 44.600 m2. Pembangunan apartemen dan mal akan berdiri di area reklamasi seluas 37.100 m2. Akan dibangun pula coastal road seluas 12.900 m2, jalur penghubung antara Bandara Internasional Sepinggan dan Pelabuhan Sema yang melintasi The Plaza Balikpapan.

Tak mau ketinggalan dengan pengembang lainnya, Ciputra Group dengan pengembangan kawasan Citra City Balikpapan. Dengan menerapkan konsep One Stop Living, sebuah kawasan komersial premium yang terintegrasi dengan hunian mewah. Project ini dikembangkan di atas lahan 9,3 hektar, dan akan dibangun exclusive shophouse, office park, food village, hypermarket, apartment, hotel, family clubhouse, dan green area yang asri.

Pemain lain yang juga agresif HK Realtindo yang membangun dua proyek sekaligus yakni Mansion Balikpapan dan Southern Balikpapan. Dan Lippo melalui PT Sinar Balikpapan Development mengembangkan City Center Residence (4,5 ha) di Jalan Ahmad Yani.

Itulah segelintir dari proyek-proyek yang dibangun oleh para pengembang nasional. Jadi bencana banjir tidak hanya melanda Jakarta saja, namun Balikpapan ikutan kebanjiran ‘properti’.   

Haryanto
Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita